Cara Ambil Nomor Antrian BPJS online

Posted on

Terkadang saat kamu datang ke kantor BPJS terdekat, maka kamu akan mendapatkan antrian panjang mulai dari pagi hari. Ketika kamu ikut mengantri dan ternyata nomor antrian sudah habis, maka kamu harus antri di keesokan harinya dengan datang ke kantor BPJS di waktu pagi sekali. Kini kamu tidak perlu mengantri panjang hingga membuat kamu lelah karena sudah ada cara ambil nomor antrian BPJS secara online dengan mudah dan cepat.

Apa saja tujuan dari diadakannya pendaftaran nomor antrian BPJS secara online? Bagaimana cara ambil nomor antrian BPJS online? Kemudian, apa saja tips yang harus diperhatikan saat melakukan antrian BPJS secara online? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini dan usahakan membaca sampai selesai.

Tujuan Diadakan Nomor Antrian BPJS Secara Online        

Pihak BPJS menyadari bahwa setiap hari banyak sekali orang yang mengambil nomor antrian hanya untuk sekedar ingin mengetahui saldo BPJS yang mereka miliki. Untuk mempermudah layanan dan meminimalisir antrian panjang tersebut, akhirnya pihak BPJS membuka nomor antrian secara online, sehingga kamu tidak perlu mengantri lama di depan pintu kantor. Tujuan cara ambil nomor antrian BPJS secara online, yaitu sebagai berikut:

1.       Untuk Menghindari Antrian Panjang

Saat proses pencarian dana BPJS Ketenagakerjaan, biasanya banyak sekali para peserta BPJS yang melakukan antri setiap harinya. Tak jarang mereka rela menginap di kantor BPJS untuk mendapatkan nomor antrian di pagi hari.

Fenomena tersebut terkadang menimbulkan kericuhan, apalagi jika nomor antrian telah habis dan mereka yang melakukan antri sejak pagi tidak mendapatkan nomor tersebut. Untuk menghindari kejadian tersebut, akhirnya pihak BPJS membuka pengambilan nomor antrian online yang bisa diakses oleh semua peserta BPJS ketenagakerjaan.

2.       Untuk Mempermudah Proses Pencarian

Cara ambil nomor antrian BPJS secara online bertujuan untuk mempermudah proses pencarian dana masing-masing peserta. Ketika seluruh peserta mengambil antrian secara online, maka antrian panjang di depan kantor BPJS bisa teratasi sehingga tidak menimbulkan kericuhan yang tidak diinginkan.

Bukan hanya itu saja, petugas pun bisa berkonsentrasi melayani pencarian dana peserta BPJS Ketenagakerjaan atau memberikan informasi lain yang ingin diketahui oleh peserta. Sehingga, keamanan dan kenyamanan bisa tercipta dengan baik nantinya.

Langkah-Langkah Cara Ambil Nomor Antrian BPJS Secara Online

·         Isi Data Yang Diperlukan

Cara ambil nomor antrian BPJS secara online yang harus kamu lakukan pertama kali adalah masuk ke alamat situs https://antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id/.  Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengisi beberapa data penting yang diperlukan dalam bentuk formulir pengisian.

Cara ambil nomor antrian BPJS
Cara ambil nomor antrian BPJS

·         Lengkapi Formulir Yang Disediakan

Jika sudah berhasil masuk ke dalam situs, kamu akan menemukan tampilan situs yang berisi formulir pengisian data. Ada beberapa data yang mesti kamu persiapkan dan isi dengan jujur untuk mempermudah proses pengambilan nomor antrian BPJS.

  • Cara ambil nomor antrian BPJS ini pertama-tama adalah memasukkan nomor NIK E-KTP di kolom yang tersedia.
  • Isilah kolom KPJ dengan nomor kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan yang sudah kamu dapatkan.
  • Lakukan pengisian nama lengkap sesuai dengan kartu Identitas yang kamu miliki.
  • Cantumkan nomor telepon aktif yang bisa dihubungi.
  • Di kolom Wilayah Pelayanan, pastikan kamu memasukkan nama provinsi tempat kamu mendaftar BPJS.
  • Pada kolom Cabang Pelayanan, pastikan kamu memasukkan nama Cabang kantor BPJS yang akan kamu kunjungi.
  • Di kolom tanggal dan jam kedatangan, silakan kamu isi sesuai waktu luang yang diinginkan, tentunya sesuai dengan jam kerja kantor BPJS itu sendiri.
  • Silakan ceklis Chaptcha yang ada, lalu klik simpan.

Tidak lama setelah melakukan pengisian data, kamu akan mendapatkan konfirmasi melalui nomor telepon yang dicantumkan tadi. Konfirmasi tersebut berupa nomor antrian yang harus kamu tunjukan kepada petugas BPJS yang akan melayanimu saat tiba di kantor BPJS terdekat. Oleh karena itu, ada baiknya SMS konfirmasi tersebut kamu screenshot atau simpan dengan baik dan jangan sampai terhapus.

Baca juga : cara menonaktifkan BPJS aktif

Tips Jitu Cara Ambil Nomor Antrian BPJS Dengan Mudah            

1.       Akses Website Antrian Online Satu Hari Sebelum Tanggal Yang Kamu Pilih

Tips cara ambil nomor antrian BPJS online harus dilakukan satu hari sebelum kamu memilih tanggal yang ditentukan. Sebab, banyak orang yang mengakses situs tersebut dan bisa saja memilih waktu yang sama sepertimu.

Agar terhindar dari antrian yang lama, usahakan untuk kamu mengakses website pengambilan nomor antrian satu hari dari tanggal dan waktu yang kamu pilih. Selain itu, usahakan juga untuk mendaftar di jam kerja BPJS Ketenagakerjaan, yaitu setiap hari Senin – Jumat pukul 06.00 – 15.00 WIB.

2.       Datang Tepat Waktu atau 30 Menit Sebelum Jam Yang Dipilih

Jika sudah mengambil nomor antrian BPJS dan mendapatkan jam sesuai pilihan, pastikan kamu datang tepat waktu atau 30 menit sebelum jam yang dipilih. Apabila kamu terlambat datang walau hanya satu menit pun, nomor antrian yang dimiliki sudah pasti tidak berlaku dan harus memulainya kembali dari awal.

Jadi, jangan sampai kamu melewati nomor antrian sendiri yang sudah didapatkan dengan susah payah. Sebab, ketika kamu memulainya kembali dari awal dan mendapatkan kesempatan di antrian berikutnya, hal ini tidak akan mudah dan akan membuatmu harus menunggu lebih lama lagi.

3.       Tidak Ada Perbedaan Data Yang Dimasukkan

Trik cara ambil nomor antrian BPJS ketiga adalah kamu harus memasukkan data di website nomor antrian sesuai dengan data yang ada di kantor BPJS. Apabila terjadi kesalahan data, baik itu pada KTP, Kartu peserta BPJS atau kartu keluarga, kamu akan mengalami masalah dan proses pencarian dapat terganggu.

Oleh sebab itu, perlu sekali untuk memasukkan data yang diminta sesuai dengan data di kantor BPJS. Hal tersebut untuk menghindari berbagai masalah diatas. Pastikan sebelum klik simpan, kamu memeriksa ulang semua data itu agar tidak ada perbedaan data nantinya.

4.       Tunjukkan Bukti Konfirmasi Nomor Antrian BPJS Online

Ketika kamu menghadap petugas BPJS dan ingin melakukan pencarian dana atau hal lain, pastikan untuk menunjukkan bukti konfirmasi antrian BPJS online yang sudah didapatkan melalui nomor telepon. Setelah petugas melihatnya, maka ia akan langsung memberikan layanan sesuai dengan yang kamu minta. Untuk itu, jangan sampai kamu lupa membawa bukti konfirmasi yang sudah dikirimkan ke nomor telepon aktifmu sendiri. Cara ambil nomor antrian BPJS secara online ini mudah sekali untuk dilakukan, bukan? Selain tidak repot untuk mengantri, kamu tidak akan mengalami pemborosan waktu dengan sesuatu hal yang belum pasti didapatkan saat itu juga. Dengan mengambil nomor antrian secara online, kamu akan mendapatkan nomor antrian secara cepat dengan waktu luang yang kamu miliki. Jadi, kamu bisa datang ke kantor BPJS sesuai dengan tanggal dan jam yang kamu inginkan

Gravatar Image
Mahasiswi jurusan ekonomi syariah, hobi nulis dan traveling.