Bukan Tabungan Emas BNI syariah, Tapi Kredit Cuk!

tabungan emas bni syariah
Pembiayaan BNI Emas IB Hasanah

Nomenklatur tabungan emas BNI syariah memang masih menjadi ucapan lazim di masyarakat. Meski sebetulnya sebagian dari mereka telah paham.  Namun lidah yang tak bertulang itu sulit mengeliminasi nomenklatur tersebut karena sudah menjadi kebiasaan. Padahal produk yang dimaksud bukanlah tabungan melainkan Kredit Logam Mulia atau KLM. Tentu sangat berkebalikan dengan skema tabungan emas di pegadaian. Sangat berbeda.  Di BNI, nama produk tersebut adalah Pembiayaan BNI Emas iB Hasanah. Mungkin produk yang dianggap tabungan emas di BCA, BRI, Mandiri dan lainnya juga berbeda. Jadi mulai sekarang bisa mulai mengubah KLM dengan kredit atau cicilan emas. Kecuali kedepannya perbankan mengeluarkan produk tabungan emas seperti di pegadaian atau skema lainnya.

Sebetulnya penjelasan mengenai tabungan emas itu nabung atau nyicil sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Tepatnya pada artikel tabungan emas bri syariah. Kalian bisa baca selengkapya pada artikel tersebut. Namun dikhawatirkan berbeda produk dan penyedia bisa jadi pemahaman tersebut tak tersampaikan. Mau tidak mau harus menjelaskan sedikit kepada pembaca yang ingin memiliki emas dengan jalan sedikit demi sedikit. Selebihnya fokus pada penjelasan produk pembiayaan BNI Emas IB hasanah, bagaimana syarat dan cara mendapatkan emas di BNI syariah dengan cara nyicil.

Mengenal  BNI Emas IB hasanah

Sudah tahukah mengenai BNI Emas IB hasanah? Iya bukan tabungan emas BNI syariah, tapi fasilitas pembiayaan yang diberikan kepada debitur untuk membeli emas logam mulia dalam bentuk batangan dengan jalan diangsur setiap bulan. Akad pembiayaan yang digunakan dalam produk ini adalah akad murabahah (jual beli). BNI Syariah membelikan emas sesuai keinginan nasabah, kemudian BNI menjual kembali kepada debitur dengan harga plus margin yang telah disepakati kedua pihak. Debitur hanya berkewajiban menyetujui dan mengangsur cicilan setiap bulannya. Objek yang dibiayai adalah emas batangan dari PT ANTAM. Kalian bisa mengambil plafon pembiayaan maksimal sebesar 150 juta dengan jangka waktu 2 sampai 5 tahun.

Keuntungan kredit emas di BNI syariah adalah angsuran emas tetap setiap bulannya selama masa pembiayaan hingga lunas. Margin kompetitif, biaya administrasi ringan dan mendapatkan fasilitas pembayaran auto debet (pembayaran otomasti melalu rekening). Selain itu ada keunggulan keunggulan lain yang mungkin didapatkan ketika kalian mengambil kredit emas antam di Bank BNI Syariah. Emas yang kalian dapatkan lewat kredit langsung bisa digunakan untuk investasi, untuk nikah dan mungkin juga bisa digadaikan saat tidak punya uang. Sebab emas memiliki likuiditas tinggi, sehingga mudah dijadikan sebagai jaminan pinjaman uang.

Syarat dan Ketentuan Pembiayaan BNI Emas IB Hasanah

Sebelum kalian mengajukan kredit emas di BNI syariah, ketahui dulu syarat dan ketentuannya biar disetujui :

Ketentuan umum

  • WNI atau berdomisili di Indonesia
  • Berlatar belakang sebagai pegawai/karyawan/profesional/pengusaha dan lainnya.
  • Berusia antara 21 tahun dan berusia 60 tahun (pensiun. Pensiun kredit harus lunas.
  • Mempunyai gaji atau penghasilan tetap dan dapat dibuktikan.

Syarat dokumen yang harus dipenuhi

  • Fotokopi KTP Pribadi dan KTP istri/suami
  • Pas foto berwarna
  • Kartu Keluarga atau KK
  • Slip gaji atau bukti ketergangan penghasilan dari atasan atau perusahaan uang bersangkutan.
  • Kartu Indentitas Pegawai/Karyawan. Semacam : Kartu tanda anggota (KTA)
  • Foto kopi NPWP ( Bagi calon debitur yang mengajukan pembiayaan emas lebih dari 50 juta)

Jadi nyicil emas tidak nih? Soalnya bukan tabungan emas bni syariah?

Setelah mengetahui tabungan emas bni syariah adalah kredit logam mulia, KLM apakah masih mau menginginkan emas dengan jalan nyicil? Kalau iya, silakan ajukan pembiayaan BNI emas IB hasanah di kantor terdekat dari kota/daerah Anda. Usahakan masih dalam lingkup kota/kabupaten. Sebab kalau sekarang kalian berdomisili tidak pada tertera dengan KTP, kalian harus membuat surat domisili dari kelurahan setempat. Bawa persyaratan yang dibutuhkan Tanpa ada yang tertinggal. Jika tidak, kalian bisa memilih alternatif mengambil tabungan emas di pegadaian.

Add a Comment

error: Dibaca saja. Kalau mau save bookmark aja