5 Tabungan BRI Syariah, Ada yang Bebas Administrasi Lho

tabungan bri syariah
jens produk tabungan bri syariah

Mau buka tabungan BRI syariah? nih baca dulu apa saja keuntungan dan syarat syaratnya. biar enggak bolak baikBank Syariah merupakan sebuah bank yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip syariah, yaitu aturan perjanjian berdasarkan hukum Islam antara bank dan pihak lain untuk penyimpanan dana dan atau pembiayaan kegiatan usaha atau kegiatan lainnya yang dinyatakan sesuai syariah. Tugas bank syariah adalah untuk menghimpun dana baik yang berupa simpanan (giro, tabungan) ataupun dalam bentuk investasi akad mudharabah.

Bank BRI Syariah merupakan unit usaha BRI Syariah yang mulai membuka cabang pada bulan Oktober 2002 (Rudjito, 2003,3). Bank BRI Syariah cocok untuk Anda yang ingin menabung sesuai dengan syariat Islam. Di dalam BRI Syariah, Anda tak perlu khawatir tentang bunga atau riba. Karena di bank ini, tidak ada riba atau pun sejenisnya yang diharamkan oleh agama.

Jenis Tabungan BRI Syariah

Bagi Anda yang tertarik menyimpan dana atau menabung di Bank BRI syariah Anda bisa memilih tabungan apa saja yang akan Anda gunakan. Ada beberapa produk tabungan Bank BRI syariah, diantaranya produk tabungan faedah BRIS, tabungan Impian BRIS, tabunganku BRI Syariah, tabungan untuk pelajar, dan deposito BRI Syariah.

Anda bisa memilih salah satunya untuk membuka tabungan di BRI Syariah yang sesuai dengan syariat Islam dan terjamin kehalalannya. Bila belum paham tentang maksud beberapa tabungan yang di sebutkan di atas, berikut pemaparan selanjutnya.

Jika Anda menabung untuk kebutuhan transaksi seperti mentransfer, penarikan, dan menabung kembali, Anda bisa menggunakan tabungan faedah BRIS. Tabungan ini dibuka untuk Anda yang sering bertransaksi. Apa saja syarat yang mesti disiapkan untuk bisa membuka tabungan ini?

Jenis dan Syarat Buka Tabungan BRI Syariah

Bagi kalian yang ingin membuka rekening tabungan BRI syariah, harap pilih jenis tabungan sesuai dengan keinginan kalian.  Ada yang khusus untuk investasi, khusus menabug tanpa biaya administrasi sampai untuk keperluan haji dan umroh. Berikut jenis Tabungan Bank BRI syariah

Tabungan Faedah BRI suariah

Ada beberapa syarat yang diperlukan untuk pembukaan tabungan Faedah BRIS, diantaranya kartu identitas diri berupa foto copy KTP, keterangan NPWP. Anda juga perlu menyiapkan nominal sebesar Rp.100.000,00 untuk penyetoran setoran awal. Setelah semua persyaratan terkumpul, Anda tinggal mendatangi Bank BRI Syariah dan mulai membuka Tabungan Faedah BRIS. Sebelum itu, Anda akan diminta untuk mengisi formulir permohonan pembukaan rekening dan melampirkan foto copy KTP beserta NPWP. Setelah selesai mengisi formulir, Anda tinggal melakukan setoran awal sebesar Rp.100.000,00 dan tabungan faedah BRIS telah Anda miliki.

Jenis Tabungan BRI Syariah yang bebas administrasi atau potongan bulanan

Jika Anda ingin membuka tabungan untuk menyimpan uang, maka pilihlah Tabunganku BRI Syariah sebagai produk untuk menyimpan uang. Keuntungan yang didapat dari tabunganku BRI Syariah adalah tidak adanya biaya administrasi dan setoran awal juga terbilang cukup rendah yaitu sebesar Rp.20.000,00. Hal ini membuat masyarakat lebih menyukai menggunakan tabunganku di bandingkan produk lainnya. Bagi Anda yang ingin membuka tabungan ini juga, persyaratannya masih sama dengan persyaratan yang mesti dibawa dalam membuat tabungan faedah BRI Syariah, yaitu foto copy identitas diri berupa KTP dan NPWP. Setelah itu Anda akan diminta mengisi formulir dan menyetorkan setoran awal sebesar Rp.20.000,00.

Bagi Anda yang ingin menabung di BRI Syariah, sebaiknya Anda menggunakan produk Tabunganku BRI syariah ini karena selain bebas administrasi dan persyaratannya mudah, tabunganku BRI syariah juga hanya menganjurkan melakukan setoran awal sebesar RP.20.000,00. Jadi, tidak ada lagi alasan untuk tidak bisa menabung di bank. Keuntungan menabung di Bank berbasis Islam adalah diharamkannya riba dan dalam prakteknya sesuai dengan prinsip Islam atau syariah.

Tabungan Deposito Berjangka BRI Syariah

Selanjutnya, bagi Anda yang menabung untuk kebutuhan investasi, Anda bisa menggunakan produk tabungan berupa deposito BRI Syariah yang tentunya sesuai dengan syariat Islam. Dalam deposito, akad yang digunakan adalah akad Mudharabah atau sistem bagi hasil. Karena deposito digunakan untuk kebutuhan investasi, maka setoran awal yang diperlukan tidak seperti tabungan faedah ataupun tabunganku BRI Syariah. Saldo minimal yang digunakan dalam produk ini sebesar Rp.2.500.000,00 . Sebuah nominal yang tidak sedikit dan diperuntukkan hanya untuk orang yang ingin melakukan investasi saja.

Apa saja syarat yang diperlukan untuk membuka tabungan deposito ini?

Sebelumnya, Anda harus memiliki rekening tabungan faedah BRIS terlebih dahulu. Kemudian seperti biasa foto copy KTP, kemudian harus memiliki saldo minimal sebesar Rp.2.500.000,00.

Jika Anda sudah menabung di BRI Syariah dan ingin mengajak anak Anda untuk belajar menabung pula di BRI syariah, kini Anda dapat melakukannya karena Bank BRI Syariah menyediakan produk tabungan untuk anak atau sering disebut tabungan pelajar. Dengan tabungan pelajar, anak akan merasakan pengalaman menabung di bank tanpa riba dan terjamin kehalalannya.

Tabungan Anak BRI Syariah

Karena tabungan ini dikhususkan untuk para pelajar, maka sangatlah penting bagi bank BRI Syariah untuk melakukan kerjasama dengan pihak sekolah untuk membuat tabungan pelajar tersebut. Syarat untuk membuka tabungan pelajar ini terbilang cukup mudah, anak atau pelajar cukup membawa fotocopy Kartu Keluarga, kartu pelajar beserta KTP milik orang tua. Setelah itu anak diharuskan mengisi formulir pembukaan rekening simple iB dan melengkapi dokumen pembukaan rekening dengan memasukkan persyaratan yang dibawa.

Siswa memasukkan Kartu Keluarga, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), dan Nomor Induk Siswa (NIS), sementara orang tua hanya melampirkan foto copy KTP saja. Setelah semua formulir diisi, pelajar kemudian melakukan setoran awal sebesar Rp.1000,00.

Bagaimana? Masih ragu untuk membuat tabungan anak atau pelajar? Setoran awalnya hanya Rp.1000,00. Dan dengan satu ribu ini anak akan berusaha menyisihkan uang jajannya untuk berhemat dan ditabungkan di bank. Para orang tua pasti bangga memiliki anak yang gemar menabung dengan uangnya sendiri. Jangan terlalu sering dihitung, biar kita tak menyangka tabungannya sudah besar lagi nominalnya.

Dan yang terakhir adalah sebuah produk tabungan yang mana Anda menargetkan sesuatu di masa depan dan harus menabung dulu untuk itu.

Tabungan Rencana BRI Syariah

BRI juga menyediakan tabungan keperluan masa depan atau tabungan impian sangat cocok untuk Anda yang memiliki target atau sesuatu di masa depan. Tabungan masa depan atau impian bisa Anda gunakan untuk keperluan pendidikan anak di masa depan, membeli mobil, atau membeli rumah impian Anda.

Untuk membuka tabungan Impian, tentunya diperlukan beberapa syarat yang mesti Anda patuhi dan laksanakan. Apa saja syarat untuk membuka tabungan masa depan atau tabungan impian?

Anda harus melampirkan foto copy KTP dan NPWP. Anda juga wajib memiliki produk tabungan faedah BRI Syariah iB sebagai rekening induk, dan melakukan penyetoran awal sebesar Rp.50.000,00.

Nah, bagaimana berminat untuk membuka tabungan di BRI Syariah?

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Dibaca saja. Kalau mau save bookmark aja