Tabel KUR Mandiri 2019 untuk Modal Usaha Tanpa Jaminan

By | April 14, 2019

Mengajukan Kredit Usaha Rakyat, KUR adalah solusi tepat usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang ingin mencari pinjaman modal usaha tanpa jaminan. KUR bisa digunakan untuk biaya pengembangan usaha tanpa kelimpungan memikirkan bunga kredit yang tinggi. Suku bunga KUR saat ini hanya 9% per tahun atau 0,41% per bulan, bahkan kedepannya bisa lebih rendah lagi, sebab pemerintah Indonesia pada pertengahan tahun 2017 menginginkan penurunan suku bunga dasar kredit menjadi 7%. Pelaku UMKM bisa mengajukan KUR lewat bank yang telah ditunjuk oleh pemerintah untuk menyalurkan KUR, salah satunya melalui KUR Mandiri.

Bank Mandiri selaku perusahaan Badan Usaha Milik Negara, BUMN telah berkomitmen membantu para pelaku UMKM dalam mengembangkan atau memperluas usahanya lewat KUR. KUR diberikan kepada UMKM yang memiliki kriteria feasible, artinya usaha tersebut mampu berkembang dan mampu untuk mengembalikan, dan Bankable, atau belum memenuhi persyaratan untuk pinjam bank. Mandiri memberikan kredit untuk modal usaha mencapai 500 juta kepada penerima secara langsung maupun tidak langsung (Linkage).

KUR MANDIRI

kur mandiri source : Thejakartapost.com

Penyaluran KUR

Pada tahun 2017, Mandiri menargetkan akan menyalurkan KUR sebesar 13 triliun. Jumlah tersebut meningkat cukup signifikan dari tahun sebelumnya yang hanya sebesar 3,5 triluan. KUR diberikan atau dibagi ke dalam 3 kategori, yakni 11 triliun untuk KUR Ritel, 1 triliuan untuk KUR mikro dan sekitar 1 triluan lagi untuk KUR TKI. Selain pembiayaan, mandiri juga terlibat dalam dukungan non-finansial, seperti andil dalam memberikan pendampingan kepada debitur mikro agar lebih mampu pengembangan skala bisnis maupun pemasarannya.

Keterlibatan Mandiri dalam dukungan pengembangan usaha tentu menjadi nilai lebih bagi pelaku usaha yang minim pengalaman. Bagi Mandiri sendiri, dukungan tersebut adalah sebagai daya tarik konsumen agar bisa menyalurkan KUR sesuai target. Bagi kalian selaku UMKM ingin mengajukan pinjaman tanpa jaminan modal usaha lewat KUR Bank Mandiri dan mendapatkan pendampingan, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan sebelumnya. Sebab selain syarat dan cara pengajuan, ada hal penting lain dalam prosesnya agar pengajuan disetujui.

Pola Pembiayaan

KUR Mandiri diberikan melalui dua pola, yakni pola pertama diberikan secara langsung dengan maksimal sebesar 500 juta dan pola tidak langsung. Pola tidak langsung ada dua pola lagi, yaitu Pola Excuting dan Pola Channeling. Pola Excuting adalah pola dimana bank memberikan kredit melalui perusahaan mitra, kemudian perusahaan mitra meneruskan kepada nasabah. Dalam menggunakan pola ini, mandiri memberikan maksimal Rp. 2 Milyar per lembaga Linkage/perusahaan mitra dan perusahaan mitra kepada nasabah maksimal Rp. 100 Juta.

Pola Channeling merupakan kredit yang diberikan oleh bank melalui multifinance yang bertindak sebagai ‘agen’. Agen hanya perantara, tidak mempunyai kewenangan memutus kredit kecuali mendapat surat kuasa dari bank. Kelebihan pola chanelling adalah saat nasabah belum bisa melakukan pembayaran/mengangsur, maka agen akan tetap membayar kepada bank. Mandiri memberikan lewat pola ini mencapai Rp. 500 Juta.

Jangka Waktu

Jangka waktu yang diberikan untuk setiap jenis KUR Mandiri berbeda beda. Setiap KUR bisa diperpanjang, asalkan memenuhi persyaratan sesuai ketentuan dari pihak Bank.

  • KMK (Kredit Modal Kerja) jangka waktu yang diberikan maksimal 3 tahun dan dapat diperpanjang lagi menjadi 6 tahun kedepan,
  • Kredit Investasi, KI jangka waktu maksimal 5 tahun dan sesudahnya bisa diperpanjang menjadi 10 tahun,
  • Kredit Investasi, KI perkebunan tanaman keras maksimal 13 tahun dan sesudahnya sudah tidak dapat diperpanjang lagi.

Syarat dan ketentuan

Syarat calon debitur
1. KUR Mikro
  • Individu atau perorangan yang melakukan usaha produktif dan layak
  • Usaha Telah berjalan aktif selama minimal 6 bulan
  • Persyaratan administrasi : Identitas berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat ijin usaha
2. KUR Ritel
  • Mempunyai usaha produktif dan layak sesuai ketentuan Bank Mandiri
  • Usaha telah berjalan secara aktif minimal 6 bulan atau lebih memungkinkan untuk menerima
  • Usaha harus memiliki Surat Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) atau surat ijin usaha lainya yang bisa dipersamakan nilainya dengan IUMK.
2. KUR TKI
  • Perorangan TKI atau calon TKI yang akan berangkat bekerja ke negara malaysia, singapore, taiwan, korea selatan, brunei dan hongkong.
  • Memenuhi syarat administrasi seperti Identitas berupa KTP dan Kartu Keluarga, Perjanjian kerja dengan pengguna jasa, Perjanjian penempatan, Passpor dan Visa
Ketentuan
  • Tidak sedang menerima kredit dari perbankan lain atau kredit program dari pemerintah baik daerah maupun nasional
  • UMKM dan koperasi yang sedang menerima kredit konsumtif dari perbankan seperti Kredit Pemilikan Rumah, (KPR), Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), Kartu Kredit, dan Kredit Konsumtif lainnya diperbolehkan menerima KUR.
  • Warga Negara Indonesia yang berumur di atas 21-55 tahun atau telah menikah (19 tahun)
  • Untuk Pegawai Sipil Negara, PNS, Karyawan BUMN/BUMD tidak dibatasi umur
  • Gaji perbulan minimal UMK sesuai daerah masing masing
  • Memiliki rekening tabungan Mandiri dengan bukti fotocopy rekening 6 bulan terakhir
  • Agunan (Jika Diperlukan untuk menambah besaran kredit)

Prosedur Pengajuan KUR Mandiri

  • Silakan datang ke kantor unit cabang Bank Mandiri diwilayah sesuai KTP atau domisili Kalian
  • Pemohon telah memenuhi ketentuan dan membawa peryaratan dokumen identitas, ijin usaha dan dokumen lainnya.
  • Mengisi formulir permohonan Kredit dengan benar
  • Proses persetujuan membutuhkan waktu beberapa hari, umumnya 3-7 hari waktu kerja.

Jika disetujui, pemohon wajib membayar angsuran bulanan sesuai jangka waktu yang diambil, besar kredit serta suku bunga yang berlaku. Jika tidak kalian bisa mengajukan pinjaman lain selain KUR atau mengajukan KUR lewat perbankan lain. Berikut informasi tabel KUR Mandiri bisa kalian lihat tabel dibawah ini :

Tabel Kur Mandiri

Tabel KUR Mandiri

Itulah informasi mengenai kredit usaha rakyat, KUR untuk pinjaman tanpa jaminan bagi pelaku UMKM yang bunganya rendah guna mengembangkan usahanya. Dengan bunga yang rendah setidaknya Angsuran ringan, bisnis pun lancar, sebab lebih fokus pada usahanya, bukan malah cicilan per bulan. Selain KUR Mandiri, KUR dengan bunga 0.4% per bulan juga bisa didapatkan bank bank lain yang ditunjuk oleh pemerintah seperti BNI, BRI, Bank Bukopin, BCA, BII, Bank CIMB Niaga. S