Tabungan berjangka bri
tabungan britama rencana

Tabel Angsuran KUR BRI Syariah 25 juta Tanpa Jaminan

Posted on

Mau mengajukan KUR BRI Syariah? Tapi belum tahu syarat, cara pengajuan dan tabel angsuran nya? Jangan khawatir. Kalian tidak salah membaca artikel ini, karena kami akan menginformasikan mengenai pinjaman KUR MIKRO BRI Syariah yang diperuntukan untuk modal usaha para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Selama ini memang sebagain besar pelaku UMKM kesulian mengakses pinjaman ke bank karena dianggap belum bankablle sekalipun memiliki potensi yang cerah. Dengan hadirnya Kredit Usaha Rakyat yang banyak disalurkan lewat perbankan, termasuk BRI Syariah UMKM bisa modal dengan mudah. Sebab Pinjaman modal usaha dari pemerintah tersebut cicilan rendah, jangka waktu cukup panjang dan tidak memerlukan jaminan apapun.

Lalu apa benar KUR BRI Syariah bisa diajukan tanpa jaminan? Bisa. Khusus KUR MIKRO kalian bisa mengajukan pinjaman uang maksimal 25 juta tanpa jaminan. Pada peraturan kemenko no 10, bahwa yang disebut objek jaminan adalah usaha yang dibiayainya. Jadi jaminannya adalah usaha kalian. Namun perlu kalian ketahui peraturan tersebut memang ada, namun kebijakan Bank bisa berbeda. Selama ini para penerima dana kur sebagain ‘mbangkang’ tidak membayar angsuran dengan lancar. Akhirnya banyak mengalami Kreedit macet, sehingga pihak penyalur dana termasuk BRI syariah lebih memperketat calon debitur. Akibat peraturan yang diperketat, calon peminjam karena takut ditolak mereka umumya melampirkan jaminan, atau pilih KUR Kecil yang nominalnya lebih besar.

Syarat dan ketentuan serta tabel angsuran KUR BRI Syariah

Bagi para pelaku UMKM yang ingin tahu Syarat dan ketentuan serta tabel angsuran KUR BRI Syariah. Silakan baca lengkap dibawah in. Namun sebelumnya perlu diperhatikan bahwa ada beberapa macam KUR BRI dari pemerintah, yakni KUR Mikro, KUR KECIL dan KUR TKI. Kur mikro bisa diajukan maksimal 25 juta tanpa jaminan. KUR Kecil sebelumnya merupakan KUR Ritel dengan nominal 25 juta sampai 500 juta dan butuh jaminan jika mengajukannya. Terakhir adalah KUR TKI yang dikhususkan untuk TKI dan calon TKI di negara singapore, taiwan, hongkong, malaysia, jepang, brunei dan korea. Masing masing kur memiliki jangka waktu 4 tahun untuk modal usaha dan 5 tahun untuk investasi.

Ketentuan umum :
  • Calon Penerima KUR MikroBRI syariah iB adalah individu/perseorangan berlatarbelakang pengusaha produktif dan layak namun belum pernah kredit, atau kredit modal belum cukup.
  • Calon Nasabah KUR Mikro iB
    • Pelaku usaha mikro, kecil,dan menengah
    • Anggota keluarga dari karyawan/karyawati yang berpenghasilan tetap atau bekerja sebagai tenaga kerja Indonesia.
    • Tenaga kerja yang pernah bekerja diluar negri.
    • Pekerja kena phk.
  • Memiliki usaha produktif berupa : Usaha mikro, kecil dan Menengah yang telah berjalan minimal 6 (enam) bulan dengan di buktikan kunjungan on the spot dan di tuangkan ke dalam LKN.
  • Khusus pekerja yang terkena PHK harus dan telah mengikuti pelatihan kewirausahaan dan telah memiliki usaha minimun 3 bulan dari pihak penyalur dana.
  • Tidak sedang menerima pembiayaan produktif (modal kerja atau investasi) di lembaga keuangan lain atau pembiayaan program dari pemerintah kecuali KUR Mikro yang dibuktikan dengan sistim informasi debitur bank Indonesia (SID BI).
  • Nasabah tidak diperkenankan sedang menikmati fasilitas pembiayaan KUR di bank lain.
  • Jika nasabah pernah menerima pembiayaan KUR di lembaga lain wajib melampirkan cetakan rekening dari pemberi pembiayaan dan surat keterangan lunas dari bank pemberi pembiayaan sebelumnya.
  • Minimal 21 tahun atau telah menikah untuk usia lebih besar atau sama dengan 18 tahun dan Maksimal 65 tahun pada saat akhir jatuh tempo.

Syarat dokumen dokumen saat pengajuan KUR BRI Syariah :

  • Fotokopi ktp (pribadi dan pasangan), Kartu keluarga dan surat nikah
  • Foto 4×6 nasabah (suami istri / pasangan) sebanyak 1 lembar.
  • Foto bukti usaha ( bisa berupa izin resmi atau surat keterangan usaha dari pemda setempat)
  • Rencana anggaran biaya (RAB) tujuan pembiayaan modal kerja dan terkait usaha. (Bisa berupa proposal atau laporan keuangan)
Tabel angsuran KUR BRI Syariah
Tabel Angsuran KUR BRI Syariah tanpa jaminan
Tabel Angsuran KUR BRI Syariah tanpa jaminan

Pertimbangkan dulu dengan melihat tabel angsuran KUR BRI syariah sebelum kalian mengajukannya. Mengenai besaran cicilan, jumlah dan tenornya.

Cara Pengajuan KUR MIKRO IB BRI syariah

  • Permohonan pembiayaan formal baik tertulis maupun langsung kepada sales officer (SO). Kemudian isi form pengajuan pembiayaan dengan dokumen dokumen yang telah disyaratkan
  • Evaluasi Kelayakan atau survie lokasi yang dilakukan oleh AOM secara on the spot checking kepada calon nasabah pembiayaan. AOM akan menganalisa pasar, lokasi dan potensi sehingga bisa diambil kesimpulan usaha calon nasabah layak untuk diberikan pembiayaan atau tidak.
  • Verifikasi data permohonan, dokumen valid apa tidak.
  • Setelah verivikasi terhadap data-data nasabah, kemudian adalah memberikan Keputusan pembiayaan ini layak atau tidak layaknya pembiayaan yang ditentukan oleh pimpinan cabang.
  • Pengikatan antara bank dan calon nasabah, yaitu penandatanganan akad pembiayaan di lembaran SP3 apabila pembiayaan telah disetujui.
  • Realisasi Pencairan sesuai jumlah dana yang disetujui.

Demkianlah informasi mengenai syarat, ketentuan, cara mengajukan serta tabel ansguran KUR BRI Syariah tanpa jaminan senilai 25 juta. Informasi dibuat seakurat mungkin agar pembaca tidak sesat dan kebingunan dalam pengajuannya. Jika dirasa masish kurang jelas, bisa ditanyakan dalam komentar dan bisa menghubungi call center Bri Syariah di nomor (021) 500789.