pinjaman koperasi tanpa jaminan
pinjaman koperasi tanpa jaminan

Syarat Pinjaman Koperasi KSP Nasari Jaminan BPKB

Posted on
Syarat pinjaman koperasi KSP Nasari
KSP Nasari. sumber https://www.kspnasari.com

Hampir semua lembaga keuangan baik bank maupun non bank sudah upgrade layanannya ke internet atau online, termasuk koperasi simpan pinjam (KSP). Mereka menggunakan pemasaran dan layanan online untuk menjaring nasabah lebih luas, tidak hanya offline atau sekitar saja. Dengan adanya layanan pinjaman online, masyarakat tidak perlu bingung mencari pinjaman tanpa jaminan atau dengan jaminan untuk mendapatkan dana tunai.  Dan begitu juga pada sales kredit koperasi simpan pinjam tidak perlu muter muter cari nasabah, cukup menggunakan media blog,web dan sosial media untuk menemukannya. Salah satunya, anda bisa mencoba produk pinjaman KSP Nasari.

Selama ini mungkin kalian menganggap koperasi simpan pinjam pelayanan sebatas untuk anggota  saja. Padahal koperasi juga menyediakan berbagai pinjaman tanpa jaminan dan pinjaman dengan jaminan berbagai aset seperti bpkb motor atau mobil, sertifikat rumah, tanah dan bangunan, serta emas. Bahkan beberapa koperasi simpan pinjam sudah ada yang menyediakan pinjaman koperasi tanpa jaminan. Sekalipun terbatas dana dan tenor pinjaman, namun setidaknya bisa membantu kalian yang sedang bingung pengajuan pinjamannya ditolak dibank. Sebab ada beberapa koperasi yang bisa memberikan pinjaman tanpa jaminan.

Mengenal pinjaman dan prosedur pengajuan pinjaman di koperasi Nasari

Koperasi simpan pinjam termasuk kedalam jenis koperasi yang menyediakan jasa keuangan. Koperasi simpan pinjam menyediakan berbagai pinjaman tanpa  jaminan. Pinjaman koperasi tanpa jaminan terbatas kepada anggota koperasi saja. Itupun jika arus atau siklus keuangan lancar atau seimbang. Bisa dikatakan lancar atau seimbang jika anggota koperasi yang menerima pinjaman mengembalikan cicilan uang yang dipinjamnya tepat waktu. Sedangkan dikatakan tidak seimbang jika penerima pinjaman tanpa jaminan macet atau sering telat membayar angsuran per bulannya. Jadi untuk mengajukan pinjaman koperasi tanpa jaminan kita harus mendaftar dulu jadi anggotannya serta kondisi keuangan koperasi lancar. Hal ini berlaku jika anda ingin mengajukan, sebagai syarat pinjaman KSP Nasari.

Tidak ada syarat syarat khusus untuk menjadi anggota koperasi simpan pinjam. Siapapun dapat menjadi anggota koperasi asal menaati ketentuan, salah satunya adalah membayar setoran. Setoran anggota di koperasi terdiri dari beberapa jenis. Setoran anggota ini dinamakan dengan simpanan.  Simpanan koperasi terdiri dari 3 jenis yakni simpanan pokok, simpanan wajib, dan simpanan sukarela. Mengenai pengertian masing masing simpanan bisa dibaca dibawah ini.

  1. Setoran awal/Simpanan pokok merupakan simpanan yang dibayarkan pada saat mendaftar menjadi anggota koperasi atau lebih dikenal dengan setoran awal koperasi.
  2. Simpanan wajib adalah simpanan yang dibayarkan anggota koperasi setiap minggu, atau setiap bulan yang jumlahnya ditentukan sesuai dengan kesepakatan bersama anggota koperasi.
  3. Simpanan sukarela adalah simpanan yang dibayarkan tanpa ada ketentuan jumlah uang. Namun, besarnya sukarela yang dibayarkan akan menentukan besarnya bunga atau bagi hasill yang didapat saat pembagian bunga koperasi. Termasuk dalam besar nominal pinjaman.
Proses Pengajuan dan syarat Pinjaman KSP Nasari

Semua simpanan yang dibayarkan oleh semua anggota koperasi adalah sumber dana untuk pinjaman koperasi tanpa jaminan kepada anggotanya. Namun seperti yang sudah dijelaskan bahwa pencairan dana pinjaman koperasi tanpa jaminan ditentukan oleh siklus keuangan koperasi tersebut. Jadi kalau ingin gabung menjadi anggota koperasi dengan niat ingin mengajukan pinjaman tanpa jaminan dalam waktu ke depan kalian harus memilih koperasi dengan siklus keuangan yang lancar, sehingga niat meminjam uang bisa terwujud. Setelah daftar jadi anggota adapun tahapan lanjutan dalam meminjam uang, yakni :

  • Mengajukan proposal anggaran dana. Jadi koperasi seperti pinjaman syariah yang penggunaan dana harus jelas, berapa nominalnya dan untuk pembiayaan apa.
  • Setelah proposal pinjaman masuk, nanti ada rapat pertimbangan dari seluruh anggota koperasi untuk disetujui atau tidak.
  • Jika disetujui dan dicarikan maka akan ada kesepakatan antara pihak peminjam dan pihak koperasi mengenai tenor pinjaman.

Baca juga : Pinjaman koperasi jaminan atm gaji

Syarat Pinjaman KSP Nasari

Jika mungkin yang tertarik mengajukan KSP Nasari, silakan perhatikan syarat syarat pinjaman KSP Nasari, terutama pinjaman mikro sebagai perikut :

  • BPKP Asli lengkap dengan Faktur Pajak/Sertifikat rumah
  •  FC KTP dan kartu keluarga
  •  Slip gaji terakhir
  •  FC rekening listrik
Alternatif Lain Untuk Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan

Syarat mengajukan pinjaman KSP  Nasari memang harus menjadi anggota koperasi terlebih dulu. Belum lagi ada setoran awal dan pokok yang harus dibayar. Sementara kalian butuh dana tunai segera karena dalam posisi terdesak. Untuk itu jika berat untuk menjadi anggota koperasi, kalian bisa mencari pinjaman uang tanpa jaminan ditempat lain. Kalian bisa mencari pinjaman uang online langsung cair untuk mendapatkan dana tunai cepat. Mengenai mana pinjaman online terpercaya kalian bisa baca beberapa pinjaman uang online langsung cair terpercaya

Gravatar Image
Mahasiswi jurusan ekonomi syariah, hobi nulis dan traveling.

Leave a Reply