Pinjaman Rekening Koran BRI Jaminan Deposito

Posted on

Pinjaman rekening koran BRI adalah produk pinjaman jangka pendek yang diberikan kepada nasabah untuk memenuhi keperluan modal kerja atau usaha dengan jangka waktu 12 bulan. Pinjaman rekening ini bisa diperpanjang sesuai keinginan nasabah setelah jatuh tempo. Pencairan dana tidak langsung diserahkan dalam bentuk tunai atau transfer ke rekening, melainkan lewat warkat (cek, bilyet atau giro). Dana di warkat tersebut bisa ditarik tunai kapan pun sesuai kebutuhan selama jangka waktu pinjaman belum berakhir tanpa pemberitahuan pihak Bank. Begitu juga bisa dikembalikan kapan pun, karena pinjama ini sifatnya revolving.

Pinjaman rekening koran memang sedikit berbeda dengan pinjaman pada umumnya guys. Perbedaan tersebut menjadi kelebihan produk pinjaman ini. Tidak hanya pada penarikan dana saja dan jangka waktunya. Pada pinjaman rekening koran, bunga yang dihitung dari dana pinjaman yang digunakan (Yang ditarik dari warkat). Bukan pada pinjaman seluruhnya yang cair pada warkat. Bunga dihitung per hari, namun tidak dibebankan di angsuran perbulan. Bunga dibebankan di akhir ketika jatuh tempo.

pinjaman rekening koran bri

Syarat Pinjaman Rekening Koran BRI

Siapa saja boleh mengajukan pinjaman rekening Koran BRI baik pelaku usaha perseorangan maupun badan usaha ( PT, Firma, CV, UD dll) asal memenuhi persyaratan berikut :

Ketentuan :

  • Calon nasabah telah memiliki usaha minimal 2 tahun berjalan
  • Debitur tidak termasuk dalam kategori debitur yang memiliki kredit bermasalah berdasar hasil SLIK OJK.
  • Debitur tidak ada riwayat mendapat pinjaman di BRI yang bermasalah.
  • Melampirkan jaminan seperti deposito, tanah dan bangunan, tanah kosong, kendaraan, mesin, persediaan barang dagangan dan piutang dagang.
  • Membuka rekening Giro BRI untuk penyaluran dana
  • Plafon pinjaman mulai dari 10 juta sampai 40 M

Dokumen yang dibutuhkan :

  • Identitas diri dan keluarga seperti KTP, Surat Nikah dan kartu keluarga
  • Akte pendirian usaha dan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) serta legalitas lain yang dibutuhkan
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) pribadi atau badan usaha
  • Salinan Rekening Koran selama tiga bulan terakhir.
  • Dokumen agunan : SHM, BPKB dll

Prosedur Pengajuan

Pengajuan pinjaman rekening koran BRI hanya bisa dilakukan di kantor cabang BRI. Tidak bisa lewat formulir online. Debitur bisa membawa dokumen yang dibutuhkan ke kantor cabang, kemudian mengutarakan maksud ingin mengajukan pinjaman rekening koran. Debitur akan dipandu sampai mengisi formulir sampai pada pencairan dana oleh pihak Bank.

Biaya biaya yang timbul

Selain bunga harian yang bersifat floating (per bulan 8-12 % berdarakan Suku Bunga dasar Kredit), ada juga kemungkinan biaya ini timbul saat pinjaman berjalan, antara lain :

  • Biaya administrasi dan provisi baik pinjaman baru, top up/tambahan maupun perpanjangan. Besarannya tergantung besaran pinjaman dan kebijakan BRI
  • Biaya keterlambatan overdraft yang melebihi plafon PRK, sebesar 2,5% p.m (per bulan) terhadap overdraft yang melebihi plafon
  • Keterlamatan terhadap overdraft karena fasilitas PRK yang belum diperpanjang, sebesar 2,5% p.m (per bulan)
  • Biaya notaris terkait pengikatan kredit dan jaminan
  • Biaya Pelunasan fasilitas dipercepat sebagian atau seluruhnya sebesar 2% dari sisa plafon

NOTE : biaya biaya diatas bisa berubah kapan saja mengikuti kondisi pasar dna kebijakan BRI

Pertimbangan kelebihan dan kelemahan

Pinjaman rekening koran BRI ini sangat cocok untuk keperluan modal usaha, sebab sifat revolve bisa diambil kapan saja sesuai kebutuhan dan bisa dikembalikan kalau ada. Kemudian bunga dibebankan diakhir. dari dana yang digunakan. Walau ada banyak kelebihan, tetap debitur tetap harus mempertimbangkan kelemahan pinjaman ini, diantaranya Pinjaman ini memiliki floating mengikuti pasar. Hal tersebut menjadi beban diakhir pelunasan. Berbeda pinjaman modal usaha lain seperti KUR dengan bunga tetap dan ringan.

Resiko lain seperti adanya bunga overdraft karena overlimit atas fasilitas pinjaman yang disebabkan karena pendebetan biaya bunga. Kemudian risiko terjadi penolakan atas cek atau giro yang dikeluarkan
debitur jika terjadi kekurangan saldo. Terakhir, pinjaman susah untuk di take over ke bank lain. Jadi dipertimbangkan matang matang ya, Bisa baca lebih lengkap : Kelemahan dan kelebihan Pinjaman koran

Begitulah gambaran ketika debitur mengajukan pinjaman rekening koran BRI untuk keperluan modal kerja. Ada banyak kelebihan bagi debitur begitu juga kekurangannya yang bisa kalian pertimbangkan sebelum mengajukan. Jika kurang jelas mengenai produk pinjaman bri bisa hubungi call center BRI di 14017/1500017. Sekian, semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Kekayaan bukan seberapa banyak kita punya uang, tetapi seberapa besar uang itu bisa memiliki banyak manfaat.