Tata Cara Pembagian Dividen Saham

Tata Cara Pembagian Dividen Saham

Posted on
Tata Cara Pembagian Dividen Saham

Sekilas tentang tata cara pembagian pembagian dividen saham di dunia investasi di Indonesia- Dalam dunia bisnis, terdapat banyak sekali perusahaan yang menjadi investor untuk menginvestasi usahanya agar bisa menjadi semakin berkembang. Bukan hanya itu saja, ada beberapa perusahaan yang terkadang menjual saham mereka dan membagikan keuntungan masing-masing saham tersebut di waktu yang sudah ditentukannya.

Jika Anda ingin membeli saham untuk mendapatkan keuntungan, maka harus mencari perusahaan yang mampu menjanjikan dan terpercaya pada saat pembagian dividen saham. Dengan begitu, hasil dari saham yang Anda beli akan berguna dan dapat menguntungkan nantinya.

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum membahas lebih lanjut tentang pembagian dividen saham, diantaranya Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu dividen dan apa itu saham? Serta bagaimana tata cara pembagian dividen saham tersebut agar bisa adil dan merata serta sesuai dengan aturan yang sudah ditentukan? Berikut ini penjelasannya.

Pengertian Dividen dan Saham

Dividen merupakan istilah untuk pembagian laba kepada para pemilik saham berdasarkan banyaknya saham yang mereka miliki. Meskipun pembagian ini akan membuat suatu laba atau kas dalam perusahaan mengurang, hal ini tetap harus dilakukan agar para pemilik saham mendapatkan keuntungan yang sudah menjadi haknya tersebut. Sehingga, tujuan dari suatu bisnis yang lancar dan baik agar terjalin dan memiliki hubungan yang baik nantinya.

Sementara itu, pengertian saham merupakan surat berharga yang dimiliki oleh suatu perusahaan yang bertujuan untuk membuktikan bahwa pemilik saham sudah masuk ke dalam kepemilikan suatu perusahaan tersebut. Singkatnya, jika Anda membeli saham di perusahaan A, maka Anda sudah memiliki hak kepemilikan dan menjadi bagian dari perusahaan tersebut. Sehingga, ketika Anda sudah memiliki saham tersebut, maka Anda juga berhak dalam memiliki pembagian dividen saham dan mendapatkan keuntungan atas hal itu.

Nilai Saham Berubah ubah

Nilai dari sebuah perusahaan akan berubah-ubah seiring dengan pergantian nilai modal, laba, serta sentimen pasar. Hal ini akan mempengaruhi harga saham yang ditawarkan oleh perusahaan itu. Sehingga mereka bisa menerka-nerka perusahaan mana yang bisa memberikana harga terjangkau namun memiliki peluang yang baik nantinya.

Nah, setelah mengetahui pengertian dividen dan saham, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa dividen saham merupakan bagian dari keuntungan atau laba perusahaan dimana laba tersebut akan dibayarkan kepada para pemilik saham dalam bentuk saham atau jenis saham lainnya.

JENIS dan Bentuk Saham

Dalam hal ini, sebagian perusahaan memberikan laba saham dalam bentuk saham pula karena jika dibayarkan dalam bentuk tunai, terkadang arus kas yang ada tidak tersedia atau kurang mencukupi. Sementara untuk pemberian laba dalam bentuk saham terkadang perusahaan memiliki stok saham dan cukup untuk dibagikan kepada para pemilik saham. Meskipun laba yang didapatkan dalam bentuk saham kembali, namun mereka masih tetap memiliki keuntungan dari saham yang diberikan tersebut.

Pembagian dividen saham sering dilakukan dalam waktu yang serempak di bulan-bulan tertentu. Biasanya bulan yang sering dijadikan untuk pembagian saham ini terjadi di pertengahan tahun atau bulan menuju akhir tahun. Pada saat ini, para pemilik saham akan datang ke tempat yang sudah ditentukan dan menerima laba atau keuntungan dari saham yang mereka miliki.

Menariknya lagi, keuntungan dari mendapatkan saham tersebut bisa membuat Anda sang pemilik saham menjadi lebih beruntung karena saham yang diberikan akan memiliki nilai yang terus bertambah. Apalagi jika perusahaan yang bersangkutan memiliki prospek yang baik, maka mereka akan mendapatkan keuntungan yang berlipat dari saham yang dimilikinya.

Pembagian Dividen Saham

Jika Anda sudah membeli saham dan telah tiba waktunya untuk mendapatkan laba dari saham tersebut, maka Anda harus mengetahui tata caranya terlebih dahulu seperti dibawah ini:

Sebelum melakukan pembagian dividen saham, perusahaan yang bersangkutan harus mematuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak ingin dibayangkan. Beberapa persyaratan yang harus dipatuhi oleh perusahaan diantaranya adalah saldo laba ditahan mencukupi, sudah disetujui oleh RUPS atau Rapat Umum Pemegang Saham, dan harga teoritis saham sesuai dengan peraturan yang ada.

Jika persyaratan tersebut sudah terpenuhi dengan baik, maka perusahaan bisa langsung membagikan dividennya kepada para pemilik saham pada saat itu juga. Dan pada hari pembagian itu merupakan suatu hal yang amat membahagiakan bagi mereka karena itu merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh perusahaannya.

Nah, untuk tata cara pembagian saham sendiri adalah sebagai berikut:

Dilakukan Sesuai Dengan Keputusan RUPS

Jika RUPS atau Rapat Umum Pemegang saham sudah memutuskan pembagian dividen saham, maka perusahaan akan langsung membagikan dividen saham mereka kepada para pemilik saham di waktu yang sudah ditentukan. Apabila Anda ingin merasakan dan ikut dalam pembagian saham ini, maka Anda bisa melakukan pembelian saham di suatu perusahaan sampai periode cum deviden dan ex deviden. Anda bisa memilih salah satu periode tersebut dan menentukan sendiri seberapa banyak sahama yang akan dibeli.

Jika sudah, maka nantinya Anda tinggal menunggu periode pembagian dividen saham sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan oleh masing-masing perusahaan. Dalam hal ini, pemegang saham akan mendapatkan laba tunai dengan jenis saham kembali karena tidak mungkin saham memberikan laba kas perusahaan. Sebab, arus kas terkadang tidak terlalu menguntungkan dan apabila ada perusahaan yang melakukan itu bisa jadi mereka akan mengalami kerugian atas perbuatannya tersebut.

Pembagian Dividen Saham Hanya Dibagikan Kepada Nama yang Tercatat Sebagai Pemegang Saham di Perusahaan yang Bersangkutan

Tidak sembarang orang akan mendapatkan laba dari suatu saham. Hanya nama-nama yang sudah tercatat di masing-masing perusahaan itu saja yang bisa mendapatkan laba dari saham yang mereka miliki. Sehingga, sebelum tanggal pembagian tiba, Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah nama Anda tercatat atau tidak.

Pembayaran Laba Bisa Dibayarkan Kolektif Melalui KSEI atau Perseorangan

Jika perusahaan atau perseroan terbatas yang Anda ikuti menitipkan pembagian sahamnya melalui KSEI (PT. Kustodian Sentral Efek Indonesia), maka Anda bisa menghadiri kegiatan pembagiannya sesuai dengan jadwal yang diberikan oleh KSEI. Sebaliknya, jika perusahan saham yang Anda ikutii tidak melakukan kolektif, maka PT. KSEI akan mentrasfer jumlah tunai kepada perusahaan yang bersangkutan dan membagikannya kepada para pemilik saham.

Dividen Tunai Akan Dikenakan Pajak

Ketika dividen tunai tersebut dibayarkan, maka akan dikenakan pajak sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku. Pajak tersebut akan dibebankan kepada para pemegang saham di sebuah perseroan terbatas dengan cara memotong jumlah nominal laba yang mereka dapatkan.

Sementara itu, pajak yang dikenakan pada saat pembagian dividen saham akan berbeda jumlahnya dengan mereka yang sudah memiliki NPWP dalam maupun luar negeri. Biasanya para pemilik NPWP akan dikenakan wajib pajak senilai 30% sesuai dengan aturan yang berlaku.

Tata Cara Pembagian Dividen Saham

Itulah beberapa informasi mengenai pembagian dividen saham yang bisa Anda ketahui. Sebelum mengikuti atau membeli sebuah saham di suatu perusahaan, diharapkan Anda mengetahui terlebih dahulu latar belakang perseroan terbatas yang menawari saham tersebut. Ikutlah dengan perusahaan yang memiliki prospek baik untuk ke depannya.

Gravatar Image
Mahasiswi jurusan ekonomi syariah, hobi nulis dan traveling.