Cara Lapor Bos Online Kemdikbud
Cara Lapor Bos Online Kemdikbud

Cara Lapor Bos Online Kemdikbud

Posted on

Ada yang masih bingung bagaimana cara lapor BOS online di kemdibud.go.id? Yuk simak artikel ini sampai selesai. BOS merupakan singkatan dari Bantuan Operasional Sekolah yang sudah ada di berbagai tingkatan pendidikan dari SD sampai SMA sederajat. Dengan adanya dana BOS, maka para siswa dan siswi yang memiliki latar belakang ekonomi rendah bisa mendaftar sekolah dan menerima bantuan tersebut untuk membayar semua biaya yang dikenakan. Sehingga para siswa/i tersebut bisa terus belajar tanpa tersendat biaya.

Saat ini, pelaporan BOS bisa dilakukan secara online melalui situs yang telah disediakan oleh kemdikbud. Semua sekolah yang menerima dana bantuan tersebut wajib melapor penggunaannya. Pelaporan dana dilakukan setiap akhir tahun ajaran. Pihak sekolah baik negeri maupun swasta yang tidak melaporkan penggunaan ada sanksi tersendiri. Maka daripada itu bagi yang belum bisa agar mengikuti prosedur yang sudah ada. lapor BOS online itu mudah tidak ribet. Dibawah ini adalah uraian terkait informasi tersebut secara lengkap dan bisa kamu pahami untuk melakukan semua hal itu dengan baik dan benar.

Menarik sekali, Inilah Cara Lapor BOS Online yang Wajib Diketahui!

BOS merupakan Bantuan Operasional Sekolah yang sekarang bisa di akses dengan mudah melalui website kemdikbud dan hanya bisa di akses oleh pihak sekolah yang telah mendaftarkan sekolahnya disana. Berikut ini merupakan cara lapor BOS online yang bisa kamu lakukan ketika kamu ditunjuk sebagai bendahara BOS untuk mengisi di website yang sudah diberitahukan sebelumnya.

Cara Lapor BOS Online KEMDIKBUD

Cara Lapor Bos Online Kemdikbud
Cara Lapor Bos Online Kemdikbud

Jika kamu merupakan seseorang yang ditugaskan untuk mengisi laporan BOS online, maka kamu bisa menggunakan beberapa cara lapor BOS online berikut ini yang akan memudahkanmu untuk mengisi laporan penting tersebut.

Masuk ke Situs Kemdikbud

Sebelum kamu masuk ke situs tersebut, kamu harus melengkapi terlebih dahulu formulir K7a yang merupakan data rekapitulasi realisasi penggunaan dana BOS. Jika sudah siap, maka kamu bisa mengakses website kemdikbud dan mulai masuk ke website yang bersangkutan.

Login Sekolah

Jika sudah masuk ke website Kemdikbud, maka kamu bisa langsung memilih login sekolah untuk melanjutkan cara lapor BOS online selanjutnya. Disini kamu harus memasukkan id/username serta password atau kata sandi yang sekolah miliki. Biasanya username dan password tersebut sama persis dengan yang kamu gunakan di aplikasi Dapodik atau Data Pokok Pendidikan. Setelah kamu berhasil login, maka akan muncul tanda Captcha untuk mengetahui bahwa kamu adalah manusia. Silakan beri tanda centang lalu klik proses untuk ke tahap selanjutnya.

Klik Tombol +/Tambah

Jika kamu sudah masuk ke dashboard list report sekolah, maka kamu bisa langsung memulai cara lapor BOS online tersebut. Disini kamu bisa memilih tahun serta triwulan yang akan dilaporkan sesuai dengan data yang kamu miliki. Misalnya kamu akan melaporkan BOS tahun 2020 Triwulan 4.

Pengisian Lapor BOS Online

Jika sudah memilih laporan yang akan digunakan, maka cara lapor BOS online selanjutnya adalah kamu tinggal mengisi kolom-kolom yang disediakan berdasarkan data rekap dana dan mengisi berdasarkan jumlah penerimaan dana, pengeluaran dana serta sisa dana yang dimiliki.

Klik Tombol “Proses” Jika Sudah Selesai

Apabila kamu sudah melakukan pengisian dengan baik dan benar. Usahakan untuk memeriksa terlebih dahulu laporan yang sudah kamu masukkan. Jika sudah tidak ada kesalahan lagi, maka kamu bisa klik “proses” dan akan kembali ke halaman utama sehingga bisa melihat laporan yang sudah kamu kerjakan tadi. Jika ternyata masih ada yang salah, maka kamu bisa langsung klik edit untuk membenarkannya kembali. Apabila sudah benar sepenuhnya, silakan klik logout dan proses pengisian cara lapor BOS online sudah selesai dengan baik dan benar.

Layanan Yang Diberikan Dari Cara Lapor BOS Online

Setelah mengetahui cara lapor BOS online tersebut, maka kamu bisa mengetahui berbagai layanan yang diberikan BOS online tersebut. Diantara layanan yang bisa kamu ketahui adalah sebagai berikut serta pastikan kamu bisa memahaminya dengan baik agar tidak ada kekeliruan didalamnya.

Layanan Pengaduan

Layanan pertama yang bisa kamu dapatkan dari website tersebut adalah kamu bisa mendapatkan layanan pengaduan yang mana masyarakat bisa melakukan dengan mudah pengaduan kepada pihak BOS secara langsung melalui layanan ini. Jika seorang masyarakat mendapatkan informasi fakta bahwa ada dana BOS yang disalahgunakan, masyarakat yang cerdas bisa langsung melaporkannya kesini sehingga pihak BOS bisa mengetahui hal tersebut.

Layanan Informasi Mengenai Penyaluran Dana

Kamu juga bisa mendapatkan informasi valid seputar penyaluran dana yang telah dilakukan oleh pihak BOS. Di menu tersebur, kamu bisa memilih penyaluran dana mana yang ingin kamu ketahui. Ada tiga jenis penyaluran dana yang bisa kamu ketahui diantaranya adalah penyaluran RKUN, laporan penyaluran serta laporan pencairan.

Laporan Penggunaan Dana

Ketika kamu melihat langsung laporan penggunaan dana, maka kamu bisa mengetahui dana apa saja yang telah digunakan dan disebar ke provinsi mana saja. Apabila kamu tidak mendapatkan dana tersebut, maka kamu bisa melaporkan hal ini di layanan pengaduan agar segera ditindaklanjuti oleh pihak BOS sendiri.

Keuntungan Cara Lapor BOS Online Yang Harus Kamu Ketahui

Setelah mengetahui cara lapor BOS online beserta layanan yang diberikannya, maka kamu bisa langsung mengetahui ada beberapa keuntungan yang didapatkan dari website tersebut. Diantara keuntungan itu bisa kamu lihat sendiri dibawah ini secara singkat dan jelas.

Lebih Cepat Dan Mudah

Pihak sekolah menjadi mudah dalam memberikan laporan dana kepada BOS karena mereka hanya tinggal memasukkannya di website sehingga akan mudah diterima oleh pihak BOS sendiri.

Bisa Melakukan Pengaduan

Apabila ada dana yang tidak tersalurkan ke sekolah-sekolah khususnya sekolah yang kamu tempati, maka kamu bisa langsung melakukan pengaduan kepada pihak BOS secara mudah dan akan langsung ditindaklanjuti secara cepat agar dana tersebut bisa langsung cair kepada sekolah yang telah didaftarkan.

Selain beberapa hal diatas, masih banyak keuntungan untuk kamu dan lembaga pendidikan terkait cara lapor BOS online yang bisa diakses dengan mudah melalui website yang telah disediakan. Jika sekolahmu belum terdaftar disini, segera laporkan sekarang juga agar bisa segera mendapatkan dana, baik untuk renovasi bangunan, keperluan sekolah serta bantuan bagi para murid yang tidak mampu agar bisa terus melanjutkan sekolah wajib minimal 12 tahun.

Baca juga ; Jadwal dana KIP Terbaru

Beberapa hal yang Wajib Diketahui tentang Dana BOS

BOS atau Bantuan Operasional Sekolah merupakan sebuah bantuan dana yang disediakan pemerintah untuk sekolah-sekolah yang ada di seluruh Indonesia. Bantuan tersebut meliputi untuk sekolah sendiri maupun bagi para muridnya yang membutuhkan bantuan untuk terus melanjutkan pendidikan.

Dengan mengetahui cara lapor BOS online beserta layanan serta keuntungan didalamnya, diharapkan masyarakat menjadi mengerti dan semua pihak sekolah maupun pihak BOS bisa saling bekerjasama terhadap dana yang akan diberikan tersebut.

Gravatar Image
Mahasiswi jurusan ekonomi syariah, hobi nulis dan traveling.