Bisakah Gadai Surat Nikah di Bank atau Koperasi? Ini Penjelasannya

Posted on

Banyak beredar informasi mengenai gadai surat nikah atau buku nikah, KTP serta akte kelahiran di masyarakat. Surat surat tersebut dijaminkan untuk mendapatkan pinjaman tunai di bank keliling, koperasi maupun rentenir. Informasi tersebut memang benar adanya, banyak rentenir, koperasi simpan pinjam (KSP) yang menawarkan pinjaman mingguan dengan hanya melampirkan KTP, surat nikah, Kartu keluarga serta akte kelahiran. Namun istilah tersebut tidak berlaku di bank umum seperti BRI, Mandiri, BCA dan lainnya.

Gadai surat nikah atau buku nikah, KTP serta akta kelahiran di bank umum tidak dibenarkan. Surat surat tersebut bukanlah sesuatu yang memiliki nilai ekonomi sekalipun itu sangat penting. Sebab tidak terkait barang yang memiliki nilai jual seperti BPKB, AJB dan Sertifikat rumah yang terkait kepilikan barang/aset. Jika pihak mewajibkan dokumen tersebut sebagai persyaratan bukanlah sebagai jaminan melainkan sebagai data verifikasi identitas. Itupun dilampirkan dalam bentuk salinan atau fotocopy, Bukan aslinya.

Pada Kredit Tanpa Agunan, KTA bank yang tidak melampirkan agunan surat surat seperti KTP, surat nikah, kartu keluarga juga tidak menjadi jaminan. Calon nasabah tetap mengumpulkan dalam bentuk salinan. Pada KTA, yang dinilai adalah kemampuan finansial, bukan surat surat data diri. Kemampuan finansial biasanya dilihat dari dokumen seperti slip gaji, hasil usaha, rekening gaji dan SK karyawan.

gadai surat nikah

Menggunakan Dokumen Pribadi di Bank

Pada produk KTA bank, calon nasabah bisa melampirkan surat nikah, KTP, kartu keluarga untuk mengajukan pinjaman. Asal bisa ditambahkan dokumen lain seperti SK karyawan, slip gaji, rekening koran selama 3 bulan terakhir atau surat izin usaha bagi yang memiliki usaha. Salah satu produk KTA bank adalah KTA BRIguna dari BRI. Silakan simak lebih lengkap mengenai : KTA BRIguna BRI

Pinjaman online

Selain bank, ada banyak pinjaman online yang menawarkan pinjaman dengan jaminan KTP saja. Hanya saja untuk memilih pinjaman online harus terdaftar di OJK. Bukan pinjaman ilegal. Pinjaman mulai dao 500 ribu sampai 2 juta dengan jangka waktu 1-3 bulan saja. Baca selengkapnya mengenai : Pinjaman online jaminan KTP

Pinjaman di Koperasi

Jika tidak menemukan pinjaman yang bisa gadai surat nikah, ktp atau lainnya, mungkin bisa tetap memilih pinjaman mingguan koperasi atau bank keliling. Seperti kita tahu pada umumnya, pinjaman di koperasi atau banking keliling lebih mudah dalam memberikan pinjaman. Hanya bermodalkan KTP saja, mereka bisa memberikan sedikit pinjaman.

Umumnya, ada dua pinjaman koperasi. Yakni pinjaman perorangan dan pinjaman kelompok. Pinjaman perorangan biasanya, marketing kredit door to door ke setiap rumah atau orang yang membutuhkan pinjaman. Sementara pinjaman kelompok, biasanya dikelompok ibu ibu. kadang minimal anggota sebagai syarat pengajuan.

Salah satu penyedia pinjaman mingguan untuk modal usaha atau kerja, bisa lewat di bina artha. Bina artha adalah perusahaan pembiayaan usaha mikro. Khusus pinjaman mingguan bina artha menawarkan plafon 2,5 sampao 7 juta dengan maksimal 31 angsuran dan dibayarkan setiap minggu secara berkelompok. Proses pengajuannya cepat, tidak perlu jaminan dan hanya butuh KTP, kartu keluarga dan surat nikah

adapun syarat dan ketentuan dibawah ini :

  • Jumlah anggota kelompok minimum 10 orang.
  • Perempuan usia 18-57 yang memiliki KTP dan memiliki rumah sendiri.
  • Memiliki atau ingin memulai usaha kecil.
  • Berdomisili di Jawa tengah, jawa timur, jawa barat, yogyakarta, sulawesi selatan, tengah dan sumatera utara.

Lebih lanjut mengenai pinjaman kelompok bina artha bisa menghubungi Free Hotline : 0800 1900 500
SMS : 0818 0390 0500.

Itulah ulasan mengenai gadai surat nikah, buku nikah, akte kelahiran yang memang tidak bisa dijadikan agunan di bank umum, pegadaian atau lembaga resmi lainnya. Surat tersebut hanya sekadar dijadikan lampiran bukti identitas. Jika memang tetap membutuhkan pinjaman, nasabah bisa memilih Produk KTA bank, pinjaman online atau pinjaman koperasi mingguan. Sekian, semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Mahasiswi jurusan ekonomi syariah, hobi nulis dan traveling.