Cek Nomor yang Terdaftar di NIK Semua Operator

Posted on

NIK atau Nomor Induk Kependudukan merupakan nomor identitas diri yang terdapat pada KTP dan Kartu Keluarga. NIK memiliki banyak fungsi, salah satunya untuk melakukan aktivasi terhadap nomor SIM Card yang akan kamu gunakan di dalam smartphone. Tanpa adanya NIK,  maka kamu tidak bisa melakukan aktivasi serta berbagai hal lainnya. Namun, terkadang kita lupa sudah menggunakan berapa nomor untuk NIK tersebut. Untuk itu, kamu bisa mengetahui cara mudah cek nomor yang terdaftar di NIK berikut ini.

Cara Mudah Cek Nomor yang Terdaftar di NIK Paling Lengkap

Cek nomor yang rerdaftar di NIK

Semua pengguna kartu seluler pasti memiliki cara masing-masing untuk mengecek nomor yang terdaftar di NIK dari operatornya. Biasanya, cara yang digunakan tidak menyulitkan, bahkan bisa dilakukan melalui layanan SMS, dial USSD, dan mengakses situs resmi operator. Bagi kamu yang belum mengetahui cara-caranya, berikut akan disajikan beberapa cara yang bisa dilakukan pada setiap operator kartu seluler.

1.       Axis

Apabila kamu pengguna kartu Axis, maka cara cek nomor yang terdaftar di NIK sangat mudah untuk dilakukan. Kamu cukup masuk ke laman website resminya di https://axis.co.id/cek-nik kemudian ikuti berbagai petunjuk, seperti memasukkan NIK yang dimiliki dengan benar. Setelah itu, laman akan memuat data yang berisi nomor-nomor Axis yang kamu gunakan dengan memasukkan NIK milik sendiri. Jika diketahui ada nomor yang mencurigakan atau kamu belum pernah mengaktivasi nomor tersebut, maka segera lakukan pelaporan kepada pihak operator atas penyalahgunaan NIK yang kamu miliki.

2.       Indosat

Untuk mengetahui nomor yang terdaftar di NIK bagi para pengguna Indosat, kamu bisa melakukannya dengan cepat hanya melalui SMS. Tentu saja, layanan SMS akan lebih mudah dilakukan karena kamu tidak memerlukan data internet untuk mengakses halaman resmi. Namun, ada format yang harus kamu patuhi agar pihak operator dapat memberikan informasi terkait nomor mana saja yang sudah terdaftar di NIK kamu gunakan.

Cara yang bisa kamu lakukan adalah, silakan masuk terlebih dahulu ke menu SMS dan pastikan kamu memiliki pulsa cukup untuk mengirim SMS tersebut. Lalu, kamu harus mengetikkan format INFO#NIK atau bisa juga dengan format INFO#MSISDN dan kirimkan SMS tersebut ke nomor operator Indosat, yaitu 4444. Tunggu selama beberapa menit sampai operator membalas serta memberikan informasi seputar nomor Indosat yang terdaftar di NIK kamu tersebut.

3.       Net1 Indonesia

Mungkin kamu sedikit asing dengan operator satu ini karena tidak banyak orang yang menggunakannya. Dulu, kartu Net1 dikenal dengan sebutan kartu Neon dan Ceria yang merupakan produksi dari PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia. Meskipun hanya beberapa orang saja yang menggunakan, tetapi kartu ini cukup eksis dan tidak jauh berbeda dengan kartu seluler lainnya.

Bagi kamu yang menggunakan kartu Net1 dan ingin mengecek nomor yang terdaftar di NIK, maka silakan akses situsnya terlebih dahulu di https://my.net1.co.id kemudian lakukan login terlebih dahulu menggunakan akun yang dimiliki. Jika belum membuat akun, silakan buat terlebih dahulu dengan memasukkan data-data yang dibutuhkan. Tidak sampai 5 menit, maka akun sudah dibuat dan dapat digunakan untuk mengecek nomor Net1 yang terdaftar pada NIK milik kamu sendiri.

4.       Smartfren

Untuk melakukan pengecekkan nomor yang terdaftar di NIK pada operator Smartfren, kamu harus mengunjungi laman resminya, sehingga diperlukan kuota internet yang cukup. Silakan kunjungi langsung website https://my.smartfren.com/check_nik.php terlebih dahulu. Apabila halaman sudah berhenti loading, kamu akan diminta untuk memasukkan nomor NIK yang terdaftar di Kartu Keluarga atau Kartu Identitas Diri. Setelah itu, kamu juga akan diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan penting yang mesti dijawab dengan benar.

Jika semuanya sudah diselesaikan, saatnya pihak operator akan memberikan informasi seputar nomor smartfren mana saja yang sudah terdaftar di NIK kamu miliki. Perhatikan dengan jeli setiap nomor yang ditampilkan dan pastikan semua nomor tersebut adalah milik kamu.

5.       Tri

Pengguna kartu Tri wajib tahu bahwa untuk mengecek nomor yang sudah terdaftar di NIK harus melalui laman resmi Tri yang telah disediakan. Dengan begitu, kamu yang ingin mengetahui hal itu harus masuk ke website https://registrasi.tri.co.id dan masukkan nomor ponsel Tri atau nomor NIK yang kamu gunakan.

Kamu hanya perlu menunggu beberapa detik saja, dan situs akan otomatis menampilkan beberapa nomor yang sudah terdaftar di NIK kamu miliki. Jika ada nomor yang mencurigakan atau kamu tidak merasa pernah melakukan aktivasi menggunakan NIK tersebut, maka segera laporkan hal tersebut kepada pihak operator untuk ditinjaklanjuti.

6.       Telkomsel

Seperti operator lainnya, untuk mengecek nomor yang terdaftar di NIK, maka kamu harus masuk ke situs atau website resmi Telkomsel terlebih dahulu. Kamu bisa masuk ke website www.telkomsel.com/cek-prepaid kemudian masukkan NIK yang kamu gunakan. Disana akan diketahui nomor-nomor Telkomsel yang terdaftar pada NIK kamu, dan jika ingin menghapus nomor yang sudah terdaftar tersebut, bisa langsung dari website atau melalui layanan SMS dan kode dial atau USSD.

7.       XL

Berbeda dengan operator lain yang mengharuskan penggunanya untuk masuk ke website resmi jika ingin melakukan pengecekkan nomor, kini kartu seluler XL memberikan kemudahan untuk seluruh penggunanya dengan memberikan layanan kode Dial atau USSD dalam melakukan pengecekkan nomor.

Dengan kata lain, kamu cukup masuk ke layanan panggilan, lalu ketik *123*4444 dan tekan panggilan. Ikuti intruksi yang diberikan oleh pihak Customer Service yang bertugas. Cara ini lebih mudah dilakukan dan memiliki balasan yang cepat dari pihak operatornya. Hanya saja, kamu harus memiliki cukup pulsa XL agar bisa melakukan panggilan tersebut.

Tips Jitu Untuk Melindungi NIK dari Orang Tak Bertanggungjawab

Terkadang, banyak orang iseng atau tidak memiliki tanggungjawab dengan menggunakan NIK orang lain saat akan melakukan aktivasi nomornya. Hal ini akan membuat pengguna NIK tidak bisa melakukan aktivasi kartu lagi karena sudah digunakan oleh orang tersebut. Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka kamu bisa melakukan beberapa tips jitu di bawah ini agar NIK tetap aman.

Tips pertama adalah dengan mendaftarkan atau aktivasi SIM Card dengan cara mandiri. Biasanya, banyak orang yang melakukan aktivasi langsung oleh pihak counter tempat penjualan kartu itu sendiri. Untuk keamanan NIK kamu sendiri, sekarang saatnya kamu melakukan aktivasi atau pendaftaran secara mandiri saja tanpa perlu bantuan orang lain. Di samping itu, cara melakukan aktivasinya juga cukup mudah dan tidak memakan waktu lama.

Baca juga : cara menghapus nomor di 4444 registrasi

Lalu, tips kedua yang bisa kamu lakukan untuk melindungi NIK dari orang yang tak bertanggungjawab adalah ketika melakukan pengecekkan nomor yang terdaftar di NIK. Kemudian kamu menyadari ada nomor yang tidak dikenal. Jangan ragu untuk segera melakukan Unreg demi keamanan kamu sendiri. Kamu juga bisa melaporkan hal tersebut kepada pihak operator, sehingga NIK yang kamu miliki bisa terlindungi dengan baik. Itulah beberapa informasi yang bisa didapatkan terkait cara cek nomor yang terdaftar di NIK beserta tips jitu untuk melindungi NIK agar tetap aman. Simpanlah Kartu Keluarga dan KTP yang kamu miliki agar tidak ada lagi penyalahgunaan nomor NIK yang bisa membuat kamu rugi.

Gravatar Image
Mahasiswi jurusan ekonomi syariah, hobi nulis dan traveling.