Cara Menghapus Nomor yang Sudah Terdaftar di 4444

Posted on

Aturan terbaru pemerintah terkait SIM Card yang digunakan dalam ponsel adalah harus menyertakan NIK dan nomor Kartu Keluarga untuk bisa mengaktifkannya. Setiap NIK dan nomor KK tersebut, hanya bisa digunakan maksimal pada 3 nomor SIM card saja. Apabila kamu ingin mengaktifkan atau memasang nomor kartu baru, maka harus menghapus terlebih dahulu nomor yang sebelumnya sudah terdaftar. Ada banyak cara menghapus nomor yang sudah terdaftar di 4444 untuk kamu lakukan dengan mudah, yaitu seperti berikut ini.

Umumnya, setiap SIM card memiliki cara penghapusan nomor yang telah terdaftar dengan caranya masing-masing. Apabila kamu pengguna kartu Telkomsel, maka cara penghapusannya tentu saja berbeda dengan kartu dari operator lain. Untuk itu, kamu perlu menyimak beberapa informasi berikut agar mempermudah dalam penghapusan nomor kartu yang sudah terdaftar tersebut.

Cara Menghapus Nomor yang Sudah Terdaftar di 4444 Berlaku Untuk Semua Operator

Di bawah ini akan dijelaskan beberapa cara yang biasa dilakukan untuk menghapus nomor sudah terdaftar, berlaku untuk semua operator, yaitu sebagai berikut.

cara mengapus nomor yang terdaftar di 4444

1.       Sim Card Telkomsel

Bagi pengguna operator Telkomsel, menghapus nomor yang sebelumnya sudah didaftarkan tentu saja bukan suatu hal yang rumit. Kamu bisa melakukannya dengan mudah hanya menggunakan beberapa kode yang sudah ditentukan.

Kode yang digunakan untuk menghapus nomor yang sudah terdaftar dari operator Telkomsel adalah dengan cara ketik USSD *444#. Kemudian, kamu bisa klik ‘dial’, lalu lakukan pilihan ‘Unreg’ yang ada di menu itu dan masukkan 16 digit nomor NIK yang kamu gunakan ketika melakukan pendaftaran dulu. Hanya dalam waktu beberapa menit saja, maka nomor yang sudah terdaftar bisa terhapus dengan otomatis, sehingga kamu bisa melakukan pendaftaran kartu Telkomsel baru untuk digunakan saat ini.

Selain menggunakan kode dial atau USSD, kamu bisa menghapus nomor yang sudah terdaftar tersebut melalui SMS. Cara ini digunakan apabila kamu memiliki sejumlah pulsa untuk mengirimkan SMS yang berisi terkait penghapusan nomor. Isi pesan yang akan dikirimkan harus sesuai dengan aturan, yaitu ketik UNREG#Nomor NIK, lalu kirim SMS ke nomor 444. Kamu akan segera mendapatkan balasan SMS dari pihak Telkomsel terkait penghapusan nomor tersebut.

2.       Sim Card Axis dan XL

Untuk menghapus nomor operator XL dan Axis, kamu bisa melakukannya dengan menggunakan kode USSD maupun SMS yang dikirimkan ke nomor sama. Kamu bisa melakukan penghapusan nomor dengan mengirimkan SMS yang memiliki format UNREG#NomorHP#, lalu kirimkan pesan atau SMS tersebut ke nomor 4444 dan tunggulah balasan dari pihak operator Axis dan XL untuk keputusannya.

Namun, jika kamu tidak ingin menunggu terlalu lama, silakan lakukan penghapusan nomor tersebut melalui kode dial atau USSD, yaitu ketik *123*4444#, kemudian lakukan panggilan, dan klik ‘dial’ disana. Maka, nomor Axis dan XL punyamu dulu sudah otomatis terhapus serta tidak bisa dipergunakan kembali.

Baca juga : Cara registrasi Kartu XL yang gagal terus

3.       Sim Card Indosat

Bagi kamu pengguna kartu Indosat, kamu bisa menghapus nomor yang sudah terdaftar dengan menggunakan satu cara mudah, yaitu melalui menu SMS. Cara yang digunakan melalui SMS bisa langsung ketik UNPAIR#Nomorhp#, lalu kirim ke nomor 4444 dan tunggu sampai operator Indosat menghubungimu.

4.       Sim Card Smartfren

Apabila nomor ponsel terdahulumu menggunakan kartu smartfren, maka kamu bisa menghapus nomor yang sudah terdaftarnya melalui dua cara diantaranya, melalui SMS dan melalui situs resmi operator Smartfren. Cara penghapusan nomor smartfren melalui SMS lebih sering digunakan karena lebih mudah dan tidak membutuhkan koneksi internet. Sebagai gantinya, kamu harus menyiapkan pulsa yang cukup agar bisa mengirimkan SMS penghapusan nomor tersebut ke nomor operator Smartfren.

Untuk menghapus nomor smartfren melalui SMS, silakan ketikkan kode UNREG#NOMORHP#, lalu kirimkan pesan atau SMS itu ke nomor 4444 dan tunggu sampai operator Smartfren membalas pesan secara otomatis, dimana akan menyatakan bahwa nomor yang kamu minta akan segera dihapus.

Tetapi, jika kamu tidak memiliki cukup pulsa untuk mengirimkan SMS, silakan lakukan penghapusan nomor melalui laman situs resminya dengan menggunakan jaringan internet Smartfren. Lakukan hal ini melalui ponsel atau smartphone-mu, kemudian masuk ke dalam browser dan akses situs resminya menggunakan url mysf.id/unreg.

Setelah itu, periksalah data saver yang ada di browser kamu gunakan sudah dalam keadaan off. Apabila kamu bingung melakukannya, silakan klik ikon titik tiga di sebelah kanan berdekatan dengan kolom URL, lalu pilih setting atau pengaturan, pilih data saver, lalu klik sampai terlihat tanda off.

Di halaman resmi operator Smartfren, kamu tinggal memasukkan data-data nomor kartu SIM yang akan dihapus tersebut. Jangan sampai salah memasukkan data agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jika sudah selesai, silakan menunggu selama beberapa menit saja untuk mendapatkan informasi dari operator smartfren. Setelah selesai di hapus, maka kamu sudah bisa mengaktifkan kartu smartfren baru menggunakan nomor NIK kamu sendiri.

5.       Sim Card Tri

Seperti halnya kartu smartfren, untuk menghapus nomor tri yang sudah terdaftar bisa mengunjungi laman resmi operator Tri yang sudah ditentukan. Jika ingin menghapusnya melalui laman resmi Tri, kamu bisa langsung masuk ke registrasi.tri.co.id menggunakan smartphone maupun PC yang dimiliki. Di laman tersebut, kamu akan menemukan dua menu tersedia diantaranya, menu registrasi kartu prabayar dan menu ‘unreg’ untuk penghapusan nomor tri yang kamu gunakan.

Dikarenakan kamu akan melakukan penghapusan nomor, silakan langsung saja klik unreg, kemudian masukkan data-data yang diperlukan, seperti nomor ponsel tri, NIK dan lainnya. jika sudah, kamu bisa klik ‘minta kode rahasia’ untuk mendapatkan kode yang dikirimkan ke nomor tri terdaftar. Kode tersebut akan terkirim ke nomor tri kamu secara cepat karena hanya berlaku selama 5 menit saja. Oleh karena itu, ketika kode rahasia sudah masuk ke nomor tri kamu, silakan untuk masuk kembali ke laman resmi tri dan memasukkan kode rahasia yang sudah didapatkan.

Tahap terakhir adalah kamu bisa segera klik ‘I’m not roboit’ untuk melakukan validasi, lalu klik kirim. Silakan untuk menunggu informasi selanjutnya dari operator yang menyatakan bahwa nomor yang kamu sarankan telah terhapus dan tidak terdaftar lagi. Sehingga, kamu bisa melakukan penggantian nomor saat itu juga.

Cara Menghapus Nomor yang Sudah Terdaftar di 4444 Mudah dan Cepat

Selain menggunakan cara-cara diatas, kamu bisa menghapus nomor yang sudah terdaftar dengan mudah di gerai. Anda tinggal mengunjungi gerai kartunya langsung dan lakukan penghapusan nomor disana. Tentunya, kamu tidak perlu menunggu balasan dari operator karena akan langsung mendapatkan pemberitahuan. Untuk melakukan penghapusan nomor melalui gerai kartu terdekat. Jangan lupa untuk membawa kartu identitas diri (KTP/SIM) serta kartu keluarga karena pasti akan membutuhkan NIK saat proses penghapusan nomornya.

Itulah beberapa cara menghapus nomor yang sudah terdaftardi 4444 dengan mudah untuk kamu lakukan. Selain mudah prosesnya, respon dari operator bersangkutan sangat cepat, sehingga kamu tidak perlu menunggu lama untuk hal tersebut. Jadi, kamu bisa mengaktifkan kartu lainnya dan menggunakannya untuk keperluan sehari-hari.

Gravatar Image
Mahasiswi jurusan ekonomi syariah, hobi nulis dan traveling.