cara mengetahui KTA disetujui atau ditolak
cara mengetahui KTA disetujui atau ditolak

Cara Mengetahui KTA disetujui atau ditolak

Posted on
cara mengetahui KTA disetujui atau ditolak
cara mengetahui KTA disetujui atau ditolak

Ada banyak orang resah setelah mengajukan permohonan pinjaman KTA di bank, sebab tidak tahu permohonan KTA nya disetujui atau ditolak. Padahal dalam posisi mendesak, dana yang cair sangat dibutuhkan. Terlebih jika dana KTA nantinya digunakan untuk hal yang memiliki batas waktu, seperti cicilan bulanan, biaya sekolah dll. Tentu inginnya cepat cepat cair. Walau bagaimana pun, prosedur pengajuan KTA tetap harus dipatuhi, dimana ada proses verifikasi berkas dan antrian pengajuan. Kita harus tetap menunggu sampai ada pemberitahuan. Sebab kita sebagai debitur tidak tahu berapa lama proses KTA secara pasti meski pihak bank telah memberikan kisaran jangka waktu sekian hari. Namun disamping menunggu keputusan bank, setidaknya kita tahu bagaimana cara mengetahui KTA disetujui atau ditolak nantinya, beserta ciri ciri atau tanda KTA disetujui atau ditolak.

Kenapa harus tahu kapan KTA ditolak atau setujui? Pihak bank tidak selalu memberi berita kepada setiap nasabahnya yang disetujui atau ditolak. Kalau memang pihak menerapkan pemberitahuan, maka akan ada pemberitahuan lewat email, no hp maupun telehpone langsung dari pihak Bank. Jika tidak, maka debitur yang KTA nya ditolak tentu bingung karena tidak ada kepastian,apakah masih dalam proses verifikasi atau sudah ditolak. Kalau sudah begini, nasabah kan mau mengajukan KTA di Bank lain jadi ragu ragu. Iya kalau ditolak, kalau dua duanya cair kan bisa menjadi beban angsuran tiap bulan.

Cara Mengetahui KTA disetujui atau ditolak

Apa si tanda KTA disetujui? Yang pasti ada dana masuk rekening atas nama bank yang kita ajukan. Kalau belum atau tidak ada sama sekali dalam jangka waktu sebulan itu ciri ciri KTA ditolak. Kalau sudah lama lebih baik mencari alternatif pinjaman lain yang persyaratan lebih mudah. Sebab kemungkinan besar dalam proses verifikasi pinjaman ada perysaratan yang tidak lengkap atau memang ada kriteria yang tidak terpenuhi. Setiap bank memiliki kebijakan berbeda beda, jadi jangan menjadikan patokan syarat syarat di pinjaman sebelumnya. Lebih baik intropeksi diri apakah sudah mengajukan KTA dengan benar atau belum.

Apakah bisa mengajukan KTA di bank lain setelah ditolak? Bisa dong. Kalau mengajukan si siapa saja bisa, mungkin kalau disetujui itu keputusan Bank. Lagi pula setiap memiliki kriteria dan syarat KTA berbeda untuk pertimbangkan disetujui atau ditolak. Jadi kenapa harus mengandalkan satu sumber pinjaman saja? Ada KTA BRI, BNI, BCA, ANZ, CIMB NIAGA, MANDIR dan masih banyak lagi. Tapi kalianĀ  juga harus memperhatikan syarat KTA agar cepat disetujui agar tidak capek mondar mandir dari bank satu ke bank lainnya. Diantaranya adalah penghasilan minimal, kepemilikan kartu kredit dan riwayat kredit sebelumnya.

Sebelum Tahu Cara Mengetahui KTA disetujui atau ditolak

Sebelum kita mengajukan pinjaman KTA lebih baik perhatikan dulu baik baik tentang kirteria dan syaratnya yang sering luput dari ketelitian kita. Bukan malah fokus mencari cara mengetahui KTA disetujui atau tidak, tanda KTA disetujui dan ditolak. Berikut hal hal yang perlu kalian perhatikan sebelum mengajukan KTA baik di bank langsung atau lewat KTA online.

  1. Kelengkapan data, baik identitas pribadi maupun pekerjaan
  2. Kesesuaian data lampiran dengan data yang kita isi di formulir pengajuan
  3. Riwayat kartu kredit, (riwayat diusahakan lancar, tidak kena backlist
  4. Cek BI checking sendiri agar tahu status dan riwayat kredit kalian
  5. Keterangan penggunaan dana yang jelas. Dalam KTA syariah penggunaan dana harus dicantumkan.

Itulah hal hal kalian perhatikan sebelum mengajukan kredit tanpa agunan, KTA. Kalau sudah mengajukan sesuai kriteria dan syarat serta melakukan cek kembali. Kalian tinggal menunggu aliran dana pinjaman masuk ke rekening tanpa harus tahu bagaimana cara mengetahui KTA disetujui atau tidak. Perlu diingat, proses KTA membutuhkan waktu, jadi bukan dana instan yang langsung cair.

 

Gravatar Image
Kekayaan bukan seberapa banyak kita punya uang, tetapi seberapa besar uang itu bisa memiliki banyak manfaat.

Leave a Reply