Cara Mengecek NPWP Asli Atau Palsu Yang Wajib Kamu Ketahui

Posted on
Cara mengecek NPWP asli atau palsu

Sumber gambar: Glints

NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak tentunya sudah tidak asing lagi terdengar di telingamu. NPWP ini biasanya digunakan untuk keperluan administrasi dan bersifat rahasia, layaknya kartu identitas pribadi yang tiddak boleh disebarluaskan. lalu, apa saja fungsi NPWP yang wajib diketahui? Dan bagaimana cara mengecek NPWP asli atau palsu secara mudah dan cepat? Simak ulasannya dan pahami agar kamu bisa membedakannya, di bawah ini.

Fungsi NPWP Yang Harus Diketahui

NPWP wajib dimiliki oleh setiap masyarakat yang sudah memiliki hak untuk mengeluarkan pajak. Selain itu, NPWP juga memiliki beberapa fungsi yang bisa kamu ketahui, seperti berikut ini.

  1. Digunakan Untuk Pengajuan Kredit Kepada Bank

Ketika kamu memiliki NPWP dan berniat untuk melakukan kredit di perbankan, maka setiap syarat yang akan kamu terima nanti akan lebih mudah dan tidak terlalu rumit. Sebab, pihak bank akan melihat apakah kamu termasuk orang yang taat pajak atau tidak. Jika ternyata diketahui taat akan pajak, maka proses pengajuan kredit akan lebih mudah untuk kamu lakukan nantinya.

  • Untuk Melaksanakan Urusan Dalam Perpajakan

Fungsi NPWP yang paling utama adalah untuk mengurusi setiap perpajakan yang harus kamu bayarkan di jadwal yang sudah ditentukan. Dengan adanya NPWP ini, kamu tidak akan mendapatkan pembayaran pajak yang lebih tinggi, daripada tarif aslinya.

  • Untuk Membuat SIUP

Jika kamu berniat untuk membuat SIUP atau Surat Ijin Usaha Perdagangan, maka kamu harus melengkapi beberapa dokumen penting, termasuk NPWP. Disini, fungsi NPWP adalah untuk membuktikan legalitas badan usaha yang kamu miliki dan terhindar dari penolakan pembuatan SIUP tersebut.

Bagi yang belum punya bisa daftar lewat link pendaftaran disitus pajak dibawah :

https://ereg.pajak.go.id/login

Cara Mengecek NPWP Asli Atau Palsu Dengan Mudah dan Cepat

Setelah mengetahui beberapa fungsi dari NPWP, kini saatnya kamu mengetahui cara mengecek NPWP asli atau palsu agar terrhindar dari beberapa masalah yang akan membuat kamu rugi. Saat ini, kamu bisa melakukan pengecekan NPWP secara online dengan mengunjungi situs resminya atau menggunakan situs yang sudah terrjamin keamannya. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek NPWP asli atau palsu adalah sebagai berikut.

Cek NPWP di Website Resmi

Cara mengecek NPWP asli atau palsu yang pertama bisa kamu lakukan dengan membuka situs resmi perpajakan sendiri, yaitu ereg.pajak.go.id. Jika sudah berrhasil masuk, silakan untuk memasukkan nomor NPWP yang akan kamu cek. Jika terdapat kolom nama dan beberapa informasi lainnya, maka dapat dipastikan bahwa nomor NPWP tersebut ahli. Akan tetapi, jika tiak muncul kolom Nama dan informasi lain, maka NPWP tersebut tidak valid atau tidak aktif, dan bisa saja itu merupakan NPWP palsu.

Cek NPWP di Aplikasi DJP

Cara mengecek NPWP asli atau palsu yang kedua ini dikhususkan untuk para pemilik NPWP yang sebelumnya pernah melakukan pendaftaran secara online. Sehingga, kamu bisa langsung masuk ke dalam aplikasi DJP dan masuk menggunakan akun yang sama saat melakukan pendaftaran.

Setelah masuk, silakan menuju dashboard, lalu masuk ke dalam dashboard. Apabila kamu melihat nama dan nomor NPWP milikmu, itu tandanya nomor NPWP  sudah ada dan dinyatakan asli. Sebaliknya, jika tidak muncul nama dan nomor NPWP, harap periksa kembali atau langsung mengunjungi kantor perpajakan yang ada di kotamu.

Cek NPWP di Kring Pajak (1500200)

Dirjen pajak sudah menyediakan segala macam informasi tentang pajak, termasuk mengetahui nomor NPWP asli atau palsu dengan mudah melalui kring pajak di layanan 1500200. Program ini sudah dirilis sejak tahun 2012 silam dan memiliki banyak manfaat, termasuk terrjaganya kerahasiaan percakapan antara kamu dan operatornya sendiri.

Cara mengecek NPWP asli atau palsu menggunakan layanan ini cukup mudah. Kamu tinggal memberikan nomor NPWP yang akan dicek, jika operator mengatakan bahwa NPWP-nya masih aktif, berarti NPWP tersebut asli dan masih dapat digunakan. Sebaliknya, apabila pihak operator mengatakan bahwa nomor NPWP tidak ditemukan, besar kemungkinan nomor NPWP tersebut palsu atau sudah tidak aktif.

Cek NPWP di Faksimile

Cara mengecek NPWP asli atau palsu bisa dilakukan juga melalui layanan faksimile. Namun, layanan ini tidak bisa langsung diterima responnya, melainkan kamu harus menungggu selama beberapa hari. Bahkan diperkirakan harus menunggu sampai lima hari lamanya. Jadi, akan lebih mudah dan cepat jika kamu mengeceknya melalui website resminya saja.

Namun, bagi yang tetap ingin melakukan pengecekan melalui faksimile, kamu bisa menghubungi nomor faksimile 021-5251245 yang mana perrmintaanmu akan diterima oleh pihak perpajakan nanti. Tetapi, kamu harus sabar menunggu jawaban NPWP yang di cek tersebut asli atau palsu, ya.

Cara Mengecek NPWP Melalui Layanan Email

Cara mengecek NPWP asli atau palsu secara online yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan layanan email. Kamu bisa menghubungi email pengaduan@ pajak.go.id dan langsung menuliskan identitas dengan jelas beserta nomor NPWP yang akan di cek.

Menggunakan layanan email tentunya akan lebih mendapatkan respon cepat, ketimbang menggunakan faksimile. Namun, bukan berarti layanan faksimile tidak bisa digunakan, ya. Tidak perlu menunggu lama, email yang kamu kirimkan akan segera di balas dengan menampilkan lampiran hasil pengecekan nomor NPWP. Jika memiliki status aktif dan terdapat data identitas, berarti NPWP terrsebut asli dan dapat digunakan. Sebaliknya, NPWP yang palsu atau sudah tidak aktif, akan menampilkan halaman dengan tulisan nomor NPWP tidak bisa ditemukan.

Cara Mengecek NPWP Asli Atau Palsu Dengan Cepat dan Sesuai

Kelima cara mengecek NPWP asli atau palsu yang telah dijelaskan diatas bisa kamu coba salah satunya sesuai dengan pemahaman yang menurutmu paling mudah. Jika sudah mengetahui caranya, kini kamu dapat membedakan mana NPWP yang asli dan NPWP yang palsu.

NPWP yang asli sudah pasti memiliki status aktif dan memberikan seputar informasi pribadi beserta informasi penting lainnya. Sementara itu, untuk NPWP palsu, biasanya kamu tidak akan mendapatkan informasi apapun dan tidak bisa menemukan nomor NPWP tersebut, meskipun kamu mencoba untuk mengeceknya satu persatu dengan menggunakan cara diatas. Dengan begitu, apabila ada seseorang yang menyerahkan nomor NPWP untuk melengkapi proses administrasi, usahakan kamu untuk mengeceknya terlebih dahulu dan membuktikan bahwa NPWP tersebut asli atau palsu.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan terhadap penipuan atau kecurangan lain yang dilakukan oleh pihak tidak bertanggungjawab. Kini, kamu harus lebih cerdas dalam menghadapi seseorang yang memberikan nomor NPWP dengan mudah. Sebab, seperti yang kita ketahui bahwa nomor NPWP bersifat rahasia dan semua orang pasti memberikan nomor tersebut hanya dalam proses administrasi tertentu saja.

Itulah informasi cara mengecek NPWP asli atau palsu yang bisa kamu ketahui dan dijadikan referensi ketika dibutuhkan nanti. Dengan mengetahui beberapa cara diatas, kini kamu tidak perlu datang ke kantor perpajakan hanya untuk mengantri dan mengecek nomor NPWP. Semuanya bisa kamu lakukan dengan mudah secara online dan lebih praktis tentunya.

Gravatar Image
Mahasiswi jurusan ekonomi syariah, hobi nulis dan traveling.