Cara Membekukan Rekening Penipu Online

Posted on

Bagaimana cara membekukan rekening penipu online shop ( olhshop ) biar kapok dan uangmu kembali? Ini mungkin pertanyaanku beberapa hari lalu yang habis kena tipu. Mungkin juga kalian, dan orang orang diluar sana. Di zaman sekarang ini, yang serba online banyak oknum yang melakukan celah untuk kejahatan. Salah satunya dengan modus jualan online. Mereka pura pura jual barang barang yang menarik dan murah. Ketika ada pembeli dan membayar, mereka tidak mengirim barang. Kabur. Semua kontak pembeli di blokir. Sebagai pembeli tentu kesel, tapi bingung mau berbuat apa, karena mau lapor ke pihak berwajib nominalnya sedikit. Akhirnya diikhlasin. Padahal masih ada cara biar kapok penjual yaitu dengan blokir rekening penipunya.

Penipuan online shop bukan pertama kali di Indonesia. Penipuan dengan modal jualan online di facebook, instagram dan sosial media lainnya. Hampir setiap hari ada kasus penipuan online dengan pelaku dan modus yang bermacam macam. Kalau saya sendiri pernah ketipu membelikan daster pilihan istri di instagram. Sebelumnya sudah saya peringatkan agar dipikir pikir dulu karena menurut saya mencurigakan. Lebih baik beli di marketplace seperit shopee dan tokopedia yang aman. Tapi istri tetep ingin minta barang tersebut dengan alasan motifnya unik dan langka, tidak ada di marketplace. Akhirnya bayar, 1 hari kemudian kontak wa istri saya diblok oleh si penipu. Saya yakin masih banyak cerita lain dari kalian diluar sana.

Cara Membekukan Rekening Penipu Online agar uang kembali

Setelah saya cek ricek ternyata akun Instagram tersebut sudah banyak melakukan penipuan sejak setahun lalu. Tidak sedikit yang sudah menjadi korbannya. Niat untuk mengikhlaskan batal, akhirnya saya melaporkan kasus ini dengan tambahan beberapa bukti dari korban yang saya hubungi. Pertama membuat laporan aduan ke polisi agar mendapatkan surat laporan, kemudian ke kantor bank rekening penipu terdekat. Misal milik rekening kamu BNI, dan rekening penipu BTPN atau lainnya, maka yang kalian datangi adalah rekening penipu.

Jika kalian berniat melaporkan ke polisi, ada sedikit beberapa pengalaman bagaimana cara membekukan rekening penipu online step by step. Dalam contoh saya mengambil contoh kasus yang saya alami sendiri, yaitu saya menggunakan rekening BNI dan penipu memakai BCA. Simak baik baik ya

cara membekukan rekening penipu online
cara membekukan rekening penipu online

Prosedur Pembekuan Rekening di Bank

  • Pertama, silakan kalian hubungi call center di bank si penipu, dalam hal ini saya menghubungi halo BCA untuk menanyakan prosedurnya. Bisa jadi setiap bank prosedur atau syaratnya berbeda
  • Melengkap persyaratan pemblokiran akun bank. Setelah menhubungi call center ternyata syarat antara lain ¬†fotocopy KTP bukti transaksi, surat pernyataan permohonan blokir yang di tandatangani diatas materai 6000, surat kronologi kejadian dan tanda bukti lapor dari kepolisian.
  • Membuat surat laporan ke kepolisian setempat. Harus di polsek kejadian.
  • Untuk mempercepat proses silakan kirim ke email pengaduan. Dalam hal ini halobca@bca.co.id tetapi harus menyerahkan bukti fisiknya juga
  • Menyerahkan semua syarat dokumen asli pembekuan rekening. Selesai.

Jika dengan blokir akun rekening, penipu masih aktif berkeliaran dengan akun IG atau sosmed lainnya. Anda bisa rame rame merepot akun sosmed yang dihgunakan untuk menipu agar tidak bisa menipu di akun tersebut. Sebab si penipu yang berpengalaman biasanya punya banyak akun rekening bank, jadi kalau diblokir 1 masih ada rekening lain sebagai akun utama. Begitu juga akun jualannya. Jadi kalau ada identitasnya, lebih baik lapor polisi agar ditangkap. Begitulah sekilas cara membekukan rekening penipu agar kapok. Dengan di blokir, dana si penipu terblokir juga.

Baca : akibat tidak membayar pinjaman online

Tips Agar Tidak kena tipu

Biar tidak kena tipu online shop lagi, ada beberapa langkah mencegahnya, antara lain :

  • Cek akun penjual. Anda bisa cek akun sosmed yang digunakan dengan berjualan. Salah satunya foto produk, testimoni. Yang sering keliru adalah testimoni. Testimoni yang valid adalah tidak terpotong atau tertutupi. Foto produk real diambil sama si penjual, Kalau bisa ada video produk.
  • Setelah melakukan check out, jangan bayar dulu, Cek rekening terlebih dulu apakah rekening pernah dilaporkan penipu atau tidak. Jika sudah, batalin aja. Anda bisa cek rekening penipu di https://cekrekening.id/
  • Tanyakan akun marketplace seperti shopee, lazada atau tokopedia. Penjual yang cerdas tentu punya toko di marketplace tersebut. Jika tidak ada, hati hati karena penipu tidak akan menggunakan marketplace yang sistemnya aman. Jadi kalau ada di marketplace beli aja di marketplace, selain aman biasanya ada cashback dan free ongkir.

Apakah sampai sini ada sudah paham kalau belum, Anda bisa menanyakan call center bank penipu masing masing biar lebih jelas mengenai prosedurnya bagaimana cara membekukan rekening penipu online. Biar Anda tidak ketipu lagi, Kalian juga harus lebih hati hati. Anda bisa membaca tips mencegah menghindari penipuan online diatas. Sekian, semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Mahasiswi jurusan ekonomi syariah, hobi nulis dan traveling.