Cara Membatalkan Pinjaman di Tunaiku

Posted on

Bagaimana cara membatalkan pinjaman di tunaiku yang sudah di acc atau disetujui? – Kadang kadang kita ragu ragu untuk mengambil pinjaman karena merasa tidak bisa mengembalikan, tidak izin pasangan atau takut hutang menumpuk dimana mana. Sementara kebutuhan setiap hari harus terus dipenuhi, biaya makan, saku sekolah, dan kebutuhan lainnya. Mengandalkan pendapatan belum tentu mencukupi semuanya.

Pada saat tidak tahu bagaimana lagi, kadang terbesit dipikiran pengen hutang lagi dimana. Nah terbesitlah mengajukan pinjaman online, yang cepat cairnya. Dari situlah banyak orang mulai mencoba pinjaman online sampai terjebak tidak bisa melunasinya. Sudah banyak kasus, hutang gak seberapa jadi puluhan juta. Maka dari itu, apapun jenis pinjaman online, sebaiknya teliti lebih dulu berapa besar bunganya, legal atau tidak.

Jika sudah terlanjur mengajukan pinjaman online di tunaiku, bagaimana cara membatalkannya? Yuk simak caranya sebagai berikut:

cara membatalkan pinjaman ditunaiku

Pembatalan Pinjaman di Tunaiku Sebelum Dana Cair

Begitu pengajuan online di tunaiku disetujui, dana belum langsung dicairkan ke pihak pemohon. Butuh waktu proses pencairan. Jika pada kondisi ini pemohon mengajukan pembatalan, maka masih bisa dilakukan. Mengenai apakah ada kebijakan kenda denda administrasi, tentu ada, tetapi tidak seberapa. Jika dibandingkan bunga yang kita dapatkan nantinya setelah menerima dana.

  • Silakan hubungi call center tunaiku di  (021) 4000-5859 di jam operasional Senin – Jumat 08.00 – 17.00 WIB.
  • Utarakan maksud ingin membatalkan pinjaman online yang sudah diajukan, apakah bisa lewat call center saja apa perlu datang ke kantor Amar bank. (Amar bank merupakan pemilik produk pinjaman online tunaiku). CS akan menjelaskan prosedur dan syarat pembatalan pinjaman (Biasanya KTP, KK asli, hp terintal aplikasi tunaiku untuk pembatalan)
  • Jika harus ke kantor, datang ke kantor amar bank terdekat sambil membawa syarat dokumen yang dimaksud.
  • Jelaskan dan konsultasikan masalah pembatalan pinjaman pada pihak bank. Termasuk alasan-alasan jelas mengapa Anda ingin membatalkannya. Alasan harus benar benar masuk akal dan bisa diterima pihak amar bank selaku pemberi kredit.
  • Membuat surat pernyataan untuk pengajuan pembatalan pinjaman di Tunaiku. Biasanya surat ini resmi dan lengkap dengan materai. Surat ini menyatakan alasan pembatalan beserta informasi jenis pinjaman yang dibatalkan (tagihan, tanggal, plafon dan tenor).
  • Jika permohonan disetujui, maka pihak bank amar akan membatalkan pinjaman tersebut.

Alamat amar bank pusat : Gedung Grha Niaga Thamrin Lantai 1 Area, Jl. K.H. Mas Mansyur No.2, RT.2/RW.8, Kb. Kacang, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10220

Membatalkan tunaiku setelah dana cair

Jika status pinjaman sudah disetujui dan dana sudah cair ke rekening, apakah bisa dibatalkan? Berdasarkan pengalaman dari banyak orang dan penulis sendiri akan sangat sulit melakukan pembatalan. Banyak yang gagal melakukannya. Sebab hal tersebut sudah melanggar kontrak kredit yang telah disetujui. Begitu juga tagihan sudah berjalan.

Jika pun disetujui, maka prosedurnya bukan pembatalan, melainkan pelunasan dipercepat. Setiap nasabah berhak mengajukan pelunasan dipercepat pada pinjaman yang berjalan. Nasabah akan dikenakan sanksi administrasi berupa denda perlunasan dipercepat, jadi nasabah harus membayar denda pelunasan dipercepat dan bunga berjalan. Mengenai besar denda tidak lebih dari 5% dari sisa pinjaman.

Jika memang sudah pertimbangkan untuk melakukan pembatalan setelah dana cair, maka harus mengeluarkan biaya untuk dendanya. Bukannya dapat duit, malah dimintai duit. Silakan datang saja ke kantor amar terdekat. Atau terlebih dulu hubungi call center untuk konsultasi masalah pembatalan.

Begitulah gambaran prosedur bagaimana cara membatalkan pinjaman di tunaiku online. Lain kali kalau memang mau mengajukan pikir matang matang dulu, apakah butuh, apa butuh banget. Sehingga tidak perlu ribet melakukan pembatalan ya. Sekian, semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Mahasiswi jurusan ekonomi syariah, hobi nulis dan traveling.