Cara Cek STR Online Bidan, Dokter & Tenaga Kesehatan

Posted on

Sejak adanya layanan Cek STR online yang diluncurkan Konsil Kedokteran Indonesia, KKI pada tahun 2018 melalui website, para tenaga kesehatan tidak susah lagi untuk sekadar mengecek STR masih aktif atau tidak. Pengecekan disini digunakan untuk yang baru pertama kali daftar apakah sudah aktif atau belum, atau bagi yang sudah memiliki STR untuk mengetahui masa aktif sehingga tidak telat dalam perpanjangan. Tidak hanya cek, lewat website KKI, para tenaga kesehatan ; bidan, dokter, perawat, dokter gigi dll bisa registrasi, perpanjangan dan keluhan lain tentang STR.

Surat Tanda Registrasi, STR merupakan bukti legal yang diberikan oleh pemerintah melalui KKI kepada setiap tenaga kesehatan yang sudah memiliki sertifikat kompetensi. Fungsi STR bagi Tenaga kesehatan adalah sebagai syarat untuk melakukan aktivitas pelayanan kesehatan di masyarakat. STR bisa didapatkan jika tenaga kesehatan sudah dinyatakan lulus ujuan dari progam pendidikan dan uji kompetensi yang dibuktikan dengan ijazah dan sertifikat uji kompetensi. Ijazah diterbitkan oleh perguruan tinggi peserta didik masing masing, sementara sertifikat uji kompetensi yang diterbitkan oleh DIKTI.

Masa Aktif STR

Perlu diketahui, terutama bagi para tenaga kesehatan bahwa STR memiliki masa berlaku selama lima tahun. Setelah lima tahun, STR dapat diperpanjang. Berdasarkan Permenkes 1796 tahun 2011, Surat Tanda Registrasi yang telah habis masa berlakunya dapat diperpanjang melalui partisipasi tenaga kesehatan dalam kegiatan pendidikan, pelatihan, kegiatan ilmiah lainnya sesuai dengan profesinya, serta kegiatan pengabdian masyarakat. Namun tenaga kesehatan yang tidak aktif kegiatan selama 2 tahun berturut turut tidak bisa perpanjang, harus melakukan uji kompetensi dan membuat STR baru.

Cara Cek STR Online di website KKI

Walaupun masa berlaku cukup lama seperti masa berlaku presiden 5 tahun, sebagai tenaga kesehatan yang rajin tentu harus cek secara berkala terutama diakhir akhir tahun terakhir. Agar tidak sampai kelewatan, kalau kelewatan masa berlakuknya dan tidak diperpanjangan kemudian ada sidak dari pusat tentu akan dipermasalahkan.

Bagi yang baru daftar STR, Silakan cek STR secara berkala setelah 10 hari dari permohonan, karena proses pembuatan yang cukup lama. Apalagi kalau lagi ada banyak antrian pendaftaran maupun perpanjangan. Cara cek STR online bisa ikuti langkah berikut:

cek STR online
  • Jika sudah di halaman muka, silakan isi nomor berkas, tanggal lahir dan kode verifikasi. Klik Cek status
  • Maka muncul hasil status dari STR tenaga kesehatan seperti dibawah, ada nama, no STR, masa berlaku, tanggal persetujuan, no resi dll
cek STR online

Apa itu nomor berkas?

Note : no berkas adalah adalah nomor permohonan STR dari berkas tenaga kesehatan yang masuk. Nomor berkas didapatkan secara otomatis ketika tenaga kesehatan registrasi STR. No berkas biasanya terlampir pada email balasan dari KKI, no berkas akan dikirim setelah berkasmu diverifikasi. Jadi tidak langsung mendapatkannya. Biasa beberapa hari setelah pendaftaran. Cek berkala di emailmu, cek juga pada kota spam.

Kapan STR jadi?

Pembuatan STR memerlukan waktu 10 harian dari tanggal persetujuan berkas, jadi cek secara berkala ya. STR akan dikirim ke alamat masing masing pendaftar lewat PT POS Indonesia. Pada saat cek status STR terdapat juga tanggal pengiriman dan no resi POS. Jadi bisa cek STR yang telah dikirim sampai mana.

Status Belum jadi? atau gagal cek status.

Silakan cek secara berkala, kemungkinan besar dalam proses pembuatan. Jika gagal bisa jadi salah masukan kode verifikasi atau no berkas.

Begitulah gambaran bagaimana cara cek STR online. Bisa digunakan untuk bidan, perawat, dokter, dokter gigi, dokter spesialis, kesehatan masyarakat, fisioterapi, apokter serta tenaga kesehatan lain. Caranya mudah, online dan ga ribet. Sekian, semoga bisa bermanfaat.

Gravatar Image
Mahasiswi jurusan ekonomi syariah, hobi nulis dan traveling.