Cara Beli Token Listrik Tanpa Biaya Admin

Posted on

Bagaimana cara beli token listrik tanpa biaya admin di PLN? Ada banyak aplikasi ppob bertebaran yang menyediakan atau menjual listrik maupun token listrik, namun hampir semuanya mengenakan biaya administrasi. Iyaa kan? Sebagai masyarakat kelas menengah adanya tambahan biaya tersebut tentu memberatkan karena setiap kali beli pasti harus dikenakan. Walaupun itu sebagai bentuk keuntungan dari penjual, namun kalau bisa mencari yang gratis admin kenapa tidak?

Salah satu menghindari biaya administrasi ketika beli token listrik adalah beli dari sumbernya. Sumber listrik adalah PLN. Pelanggan listrik bisa membeli token listrik di kantor PLN tanpa biaya administrasi, gratis. Sayangnya kantor PLN tidak sebanyak alfamart dan indomaret. Jadi kalau jauh ya sama saja. Untung saja, PLN telah resmi mengeluarkan aplikasi untuk pembelian atau pembayaran listrik. Beli token lewat aplikasi tersebut tidak dikenakan biaya admin.

Cara Beli token listrik tanpa biaya admin lewat PLN Mobile

Aplikasi PLN Mobile hadir Untuk meningkatkan layanan dan kenyamanan para pelanggan listrik PLN. PLN Mobile memiliki fitur yang akan memudahkan pelanggan dalam memenuhi kebutuhan listriknya. Selain pelanggan bisa membeli token listrik atau bayar listrik secara langsung tanpa tambahan biaya administrasi, masih ada fitur lainnya. Diantaranya, pelanggan bisa melakukan pengaduan layanan, pencatatan meteran sendiri dan pengajuan perubahan daya.

Salah satu keuntungan tanpa admin, pelanggan bisa beli token listrik lewat PLN Mobile sebagai berikut:

beli listrik tanpa admin di pln mobile
  • Buka aplikasi PLN Mobile
  • Pilih menu tagihan
  • Masukan ID pelanggan listrik dengan benar, kemudian lanjut
  • Pilih nominal listrik yang ingin dibeli. Misal beli 200 ribu. Pilihan mulai dari 20, 50 100, 200 sd 10 juta
  • Gunakan dan pilih metode pembayaran via virtual account bank Mandiri. Klik Lanjut dengan pembayaran lewat ATM atau internet banking mandiri.

NOTE : Selain bank mandiri tetap dikenakan biaya administrasi sesuai bank masing masing.

Pelanggan yang belum daftar pln mobile, jika bingung bisa mengikuti langkah berikut:

  • Download dan install aplikasi PLN Mobile lewat google play store maupun apple store
  • Buka aplikasi PLN Mobile, klik tombol daftar
  • Isi formulir pendaftaran mulai dari nama, ID pelanggan, alamat, email, no tlp dan kata sandi, Klik KIRIM
  • Sistem PLN, akan mengirim kode aktivasi ke email.
  • Silakan buka email dari PLN, dan klik link aktivasi
  • Masukan kode aktivasi, jika benar, maka akan ada notifikasi pendaftaran berhasil
  • Untuk memastikannya, Anda bisa login dulu. Jika berhasil pelanggan bisa beli token listrik langsung

Kalau ada kendala pendaftaran atau pembelian, pelanggan bisa menghubungi call center PLN di https://chat123.pln.co.id/ atau melalui Email pln123@pln.co.id atau helpdesk-mobile123@pln.co.id

FAQ

Selain Metode VA Mandiri, adakah metode pembayaran lain yang tanpa admin?

Tidak ada. Kecuali pelanggan langsung beli di kantor PLN terdekat.

Adakah promo diskon cashback?

Promo token listrik umumnya ada di metode pembayaran kartu kredit, dompet digital. Itupun pada waktu waktu tertentu saja kalau ada promo. Selain itu bisa membeli token di aplikasi pihak ketiga seperti shopee, tokopedia dll.

Masalah biaya administrasi saat beli token listrik memang kadang membuat pelanggan pilah pilih pihak penjual token. Walau besarnya tidak seberapa, namun penggunaan listrik itu sumur hidup. Selama manusia hidup membutuhkan listrik. Jadi tentu kalau bisa hemat kenapa tidak? Begitulah alasannya kenapa banyak pelanggan yang menginginkan beli token listrik tanpa admin. Sekian, semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Mahasiswi jurusan ekonomi syariah, hobi nulis dan traveling.