syarat daftar jadi agen pegadaian
agen pegadaian

Syarat Daftar Agen Pegadaian Online, Gratis

Posted on
syarat daftar jadi agen pegadaian
agen pegadaian

Berbagai sarana untuk memiliki pekerjaan, sudah banyak bertebaran. Anda dapat memilih mana yang akan Anda jalani sesuai dengan keinginan. Salah satunya adalah mencoba mengajukan diri untuk daftar agen Pegadaian. Mengapa hal ini perlu dicoba?

Berbagai kebutuhan tentunya selalu menuntut untuk diselesaikan secara cepat. Namun, tidak semua kebutuhan juga dapat terpenuhi. Banyak berbagai faktor yang mempengaruhinya. Termasuk adalah di kendala biaya. Dengan keperluan yang semakin mendesak, banyak orang yang melakukan berbagai cara untuk mendapatkan uang. Termasuk salah satunya adalah dengan menggadaikan suatu barang.

Namun, untuk menghindari risiko yang merugikan. Melakukan Pegadaian juga tidak boleh sembarangan. Hari ini, ada perusahaan resmi yang melayani gadai di Indonesia. Yaitu PT. Pegadaian, badan usaha milik pemerintah.

Tidak hanya melayani berbagai masalah yang berhubungan dengan gadai-menggadai, PT. Pegadaian juga memberikan peluang bagi masyarakat. Yaitu membuka kesempatan untuk menjadi bagian dari agen Pegadaian.

Bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut.

Sejarah Singkat Pegadaian di Indonesia

Pegadaian bermula dari sebuah lembaga keuangan, yang melayani kredit dan gadai. Yang berdiri pada tahun 1746 dengan nama bank Van Leening.

Namun, setelah adanya perpindahan kekuasaan pada saat itu, bank Van Leening berhasil direbut oleh pemerintahan Inggris. Tidak lama, pada tahun 1811, bank tersebut dibubarkan oleh pemerintah Inggris.

Pada tahun 1901, bank Van Leening yang sudah bubar, diganti menjadi Pegadaian seperti hari ini. Berdiri pertama kali di Sukabumi pada 1 April.  Kemudian pada tahun 2012, berubah menjadi lembaga Persero yang awal mulanya berupa Perum.

Dan PT Pegadaian menjadi salah satu badan usaha milik Negara (BUMN).

Manfaat Bertransaksi di Pegadaian

Tidak dapat dipungkiri, bertransaksi di Pegadaian menjadi salah satu pilihan banyak orang daripada meminjam uang di bank konvensional.  Banyak keuntungan yang bisa Anda rasakan.

Sebelum mengetahui apa saja manfaatnya, tidak ada salahnya mengetahui apa itu pengertian ‘Gadai’.

Pegadaian berasal dari kata gadai.

Gadai sendiri merupakan istilah untuk meminjam uang dalam batas waktu tertentu. Dengan menyerahkan barang sebagai tanggungan. Jika seseorang sudah melewati batas membayar kembali yang sudah ditentukan, barang pegadai menjadi hak pemberi pinjaman.

Di PT Pegadaian sendiri, barang yang bisa digunakan untuk jaminan berupa emas, batu mulia, logam mulia, perhiasan, kendaraan bermotor dan peralatan elektronik yang memiliki nilai jual.

Beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan, jika bertransaksi di Pegadaian;

  • Dana didapat dari prosedur yang relatif mudah. Waktu yang diperlukan juga lebih cepat.
  • Pegadaian memberi solusi tanpa risiko baru.
  • Barang yang Anda gadaian tidak akan terjual, sampai batas waktu yang telah disepakati.
  • Selain penggadaian, Anda dapat bertransaksi logam mulia. Juga melakukan investasi emas.
  • Pegadaian membantu Anda dalam kebutuhan yang mendadak.
  • Dana cepat cair dan tidak sulit di dapat.

Tiga Layanan Utama Pegadaian

Jika Anda ingin mencoba melakukan transaksi sebelum mencoba daftar agen Pegadaian. Ada tiga Layanan utama yang di Pegadaian yang bisa Anda coba. Yaitu;

  1. Kredit Cepat Aman (KCA)

Kredit ini berlaku untuk semua golongan nasabah. Jangka waktu pengembalian hingga 4 bulan. Bunga yang berlaku yaitu dihitung per 15 hari.

  • Kredit Angsuran Fidusia (KREASI)

Jenis layanan ini, ditujukan untuk para pengusaha UMKM. Dengan sewa modal sebesar 1% saja.

  • Kredit Angsuran Sistem Gadai (KRASIDA)

Layanan ini pun sama, ditujukan untuk para pengusaha UMKM. Namun, dengan sistem jaminan gadai berupa emas.

Cara Daftar Agen Pegadaian dan Jenis Agen yang Dipilih.

Selain membuka layanan untuk transaksi gadai-menggadai. Pihak PT Pegadaian, juga memberi peluang untuk berkarier bersama. Yaitu menjadi agen Pegadaian.

Mengajukan diri dan mencoba daftar agen Pegadaian, merupakan kesempatan yang bagus. Karena semakin hari, semakin banyak orang yang menggunakan jasa ini daripada harus meminjam uang ke pihak lain. Selain itu, Anda juga dibina langsung dari perusahaan miliki negara yang sudah kompeten berpuluh tahun.

Cara daftar agen Pegadaian tidaklah sulit. Ikuti saja beberapa langkah berikut;

  • Pertama, lakukan registrasi secara online di website resmi Pegadaian.
  • Isi biodata secara lengkap dan selesaikan administrasinya.
  • Pilih jenis agen yang Anda mau.
  • Pastikan Anda sudah memiliki tempat sendiri sebagai sarana Anda menjadi agen. Jangan lupa juga harus terhubung dengan koneksi internet yang lancar.
  • Pelajari pembayaran secara online.
  • Setelah mengajukan dan mengisi persyaratan, selanjutnya tinggal mengikuti langkah-langkah yang diberikan.

Sebelum mendaftar, alangkah baiknya Anda sudah menentukan dan mempelajari bagian agen mana yang akan Anda pilih.

Ada 3 jenis Agen yang bisa Anda coba.

  1. Agen Pemasaran: agen ini bertugas untuk menerima serta mengumpulkan data dari para calon nasabah.
  2. Agen Pembayaran: agen ini bertugas untuk menerima segala jenis pembayaran.
  3. Agen Gadai: agen ini memiliki tugas untuk melayani transaksi, pencairan serta segala yang berkaitan dengan kredit produk.

Keuntungan dari Daftar Agen Pegadaian

Setiap masing-masing jenis agen, memiliki keuntungannya tersendiri.

Agen Pemasaran, Anda mendapatkan biaya Fidusia sebesar 0,75% dari uang maksimal pinjaman 2jt rupiah. Serta dari produk biaya gadai sebesar 75% dari biaya administrasi.

Untuk agen Pembayaran, mendapatkan keuntungan sebesar Rp2.500 dari setiap transaksi.

Untuk agen Gadai, mendapatkan keuntungan pembagian sewa modal sebesar 20%.

Permasalahan kecil untuk agen Gadai dan Pembayaran, adalah sebaiknya harus menyiapkan deposit atau jaminan. Yaitu sejumlah jaminan uang yang disiapkan oleh diri sendiri. Ini bertujuan agar transaksi nasabah dan agen memiliki dana nyata.

Jadi ketika ada transaksi, kurang lebih alurnya seperti ini;

Nasabah menggadaikan barang dengan jaminan uang pertama dari Anda sebagai agen. Lalu, transaksi oleh Anda diteruskan ke pihak Pegadaian. Apabila dirasa cocok dan dapat di ACC, pihak Pegadaian akan mengembalikan uang yang Anda beri ke nasabah sebagai ganti.

Jadi, sebenarnya di sini tidak ada kerugian dari pihak Anda.

Menjadi agen Pegadaian sangat menguntungkan bagi Anda yang berani mengambil kesempatan. Namun, Anda juga perlu untuk memperhatikan beberapa hal sebelum mendaftar.

Pertama-tama yaitu mempelajari tentang seluk beluk jenis agen yang akan Anda ikuti. Sehingga ketika Anda mendaftarkan diri, Anda sudah paham betul tentang apa yang harus dilakukan. Baik dan ruginya juga harus Anda pertimbangkan.

Setelah mempelajari dengan baik, selanjutnya lihat juga potensi diri. Jika Anda seseorang yang tidak menyukai dengan urusan dengan keuangan, sebaiknya hindari menjadi agen Pembayaran. Anda bisa mencoba sebagai Agen yang hanya mengumpulkan data-data dari nasabah saja.

Mengenali potensi diri lebih cenderung ke arah mana, tentu sangat perlu agar tidak menghambat nantinya.

Kedua, meninjau lokasi yang akan Anda gunakan. Pasalnya, menjadi agen Pegadaian diharuskan untuk memiliki tempat untuk bertransaksi. Karena menjadi agen Pegadaian, bukan hal yang main-main. Karena Anda berkontribusi langsung dengan perusahaan BUMN.

Sebaiknya, miliki tempat yang dapat dijangkau. Atau bisa berada di sisi jalan yang dilalui kendaraan. Selain mudah dijangkau, tempat Anda mudah dikenali tanpa harus bersusah payah memberi petunjuk jalan yang rumit.

Ketiga, lakukan promosi. Hari ini, media sosial menjadi salah satu media paling besar sebagai wadah promosi. Anda dapat memberitahu kepada banyak orang, tentang pelayanan yang Anda suguhkan. Hal ini bisa Anda manfaatkan. Selain itu, juga lakukan promosi dan beritahu kepada orang-orang dekat secara door to door.

Jika masih merasa bingung, Anda bisa konsultasi langsung ke cabang atau kantor Pegadaian terdekat mengenai daftar agen Pegadaian.Sampai di sinipenjelasan singkat seputar Pegadaian. Semoga dapat bermanfaat. Sekian.