Telat Bayar Kredivo 1 Bulan
Telat Bayar Kredivo 1 Bulan

Telat Bayar Kredivo 1 Bulan, Berapa Dendanya

Posted on
Telat Bayar Kredivo 1 Bulan

Berapa besaran denda jika telat bayar kredivo 1 bulan atau lebih? itulah reiskonya jika mengajukan pinjaman uang atau kredit barang online. Agak sedikit ribet, karena ketentuan denda belum tentu dijelaskan dalam surat perjanjian kredit. Awal awal memang sangat membantu kita dalam memenuhi kebutuhan mendesak ketika ga punya duit, atau b elum bisa barang secara cash. Namun, ketika sudah dapat kewajiban kita adalah membauar angsuran tiap bulan. Dan tidak selamanya finansial kita lancar terus, bisa jadi suatu hari kita telat membayar angsuran melewat jatuh tempo. Seperti halnya telat bayar kredivo, tentu ada denda keterlambatan.

Mau tidak mau kita sebagai nasabah harus mengikuti kebijakan pemberi kredit. Tidak ada toleransi bagi yang telat membayar angsuran, tetap kena denda sesuai ketentuan. Besaran denda umumnya sekain persen dari jumlah angsuran perbulan. Tidak hanya denda saja, ada juga yang menaikan bunga keterlambatan dari bunga angsuran. Kalau dirasa rasa emang kejem. Ya begitulah praktif kredit. Namun tidak boleh menyesal, sebab kamu sendiri yang mengajukan kredit. Di kredivo juga punya ketentuan denda bagi nasabah yang telat bayar angsuran.

Baca juga : Kerugian dan kelebihan menggunakan Kredivo

Ketentuan Denda Kredivo

Dilansir dari situs resminya, kredivo.com dalam aturan denda telat bauar, kredivo memberlakukan setiap nasabahnya yang terlambat membayar untuk pembayaran apapun ke Kredivo akan dikenakan bunga keterlambatan dan denda. Besaran bunga keterlambatan sebesar 4% per 30 hari dan biaya keterlambatan 6% per 30 hari dari jumlah tagihan yang melewati jatuh tempo. Biaya-biaya seperti ini berlaku untuk keterlambatan pembayaran tagihan dari transaksi yang dilakukan setelah tanggal 20 Juni 2019 untuk semua layanan Kredivo. Sebelumnya, dikenakan bunga keterlambatan 2.95% dan biaya keterlambatan 3% per 30 hari. Lebih rendah daripada yang sekarang.

Nah, jika anda telat 1 bulan, 2, atau 3 bulan berapa jumlah tagihan yang dibayarkan? Contoh, Iwan kredit hp di tokopedia menggunakan metode pembayaran cicilan kredivo dan disetujui. Harga hp kredit sektar 1,8 dengan cicilan 6 kali. Jumlah angsuran yang dibayarkan setiap bulannya sebesar 300 ribu. Namun dalam ditengah perjalanan si iwan telat membayarkan angsurannya karena sakit. Uangnya untuk bayar angsuran digunakan untuk bayar obat. Terhitung iwan telat membayar selama 15 berhari. Berapa angsuran yang akan dibayarkan iwan beserta dendanya?

Hitungan Denda Kredivo

Umumnya bunga sudah masuk dalam hitungan besaran angsuran. Jadi secara otomatis sudah terhitung. Anda cukup perlu memperhatikan besaran denda keterlamatan kreditvo sebagai berikut:

= Jumlah tagihan perbulan +(Jumlah tagihan perbulan x % denda)
= 300.000 + ( 300.000 x 6%)
= 300.000 + 18.000
= 318.000

Jadi angsuran yang dibayarkan iwan sebesar Rp 318.000 beserta dendanya.

Kalau sampai 2 bulan, denda keterlambatan naik menjadi 12 %, karena dihitung 6% per 30 hari. Banyak juga ya? Kalau dihitung hitung mirip bunga kartu kredit hehe.

Itulah simulasi telat bayar kredivo jika anda pun sama mengalaminya. Anda bisa berbagi pengalaman telat bayar kredivo dikomentar dan bisa diskusi jika ada perbedaan kebijakan dari kredivo. Sekian, semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Mahasiswi jurusan ekonomi syariah, hobi nulis dan traveling.