Kenali Pengertian dan Status Rekening Dormant BRI

Posted on

Kamu pasti pernah mendengar istilah rekening dormant BRI di internet atau lembaga keuangannya sendiri. sebenarnya, istilah ini sudah umum digunakan, akan tetapi hanya sedikit masyarakat yang mengetahuinya. Bagi kamu yang penasaran dengan maksud dari kata ‘dormant’ tersebut, di bawah ini sudah disediakan pengertian dan status atau keadaan rekening dormant bank BRI.

Mungkin sebagian dari kamu pernah memiliki rekening, kemudian tidak digunakan dalam jangka waktu lama. Hal itu akan menyebabkan rekening menjadi pasif atau dormant, sehingga tidak bisa digunakan untuk proses transfer dan menerima uang dari rekening lain. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mengetahui beberapa pengertian terkait rekening dormant BRI dan bagaimana status atau keadaannya ketika sudah berstatus dormant, apakah bisa diaktifkan kembali atau tidak. Berikut ulasannya.

Pengertian Rekening Dormant BRI

rekening dormant BRI
rekening dormant BRI

Secara bahasa, dormant memiliki arti pasif atau tidak aktif. Dalam hal ini, pihak perbankan kemudian menggunakan kata dormant tersebut untuk menyebut sebuah rekening yang tidak aktif dan tidak memiliki riwayat transaksi lebih dari satu bulan.

Melalui pengertian secara bahasa, maka muncullah pengertian secara istilah yang menyebutkan bahwa rekening dormant merupakan sebuah rekening yang tidak memiliki status, sehingga tidak bisa digunakan untuk proses transaksi.

Penggunaan istilah dormant tersebut hampir ada di semua perbankan Indonesia, salah satunya adalah rekening BRI. Kamu mungkin sudah pernah mendengar istilah rekening yang terblokir apabila tidak kamu gunakan selama lebih dari satu bulan.

Dari pengertian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa rekening dormant BRI merupakan sebuah rekening yang sudah terblokir, sehingga menjadi pasif dan tidak bisa digunakan kembali. Rekening yang sudah mengalami pemblokiran itu tidak akan bisa digunakan untuk proses transaksi, seperti transfer, menerima uang, membayar tagihan apapun, bahkan sekedar mengecek saldo pun sudah tidak bisa kamu lakukan.Status atau Keadaan Rekening Dormant

Sebuah rekening akan dikatakan menjadi dormant atau pasif ketika tidak ada aktivasi apapun yang menyebabkan saldo berkurang. Sebenarnya, rekening yang memiliki status dormant awalnya tetap bisa digunakan, tetapi rekening tersebut bisa menjadi dormant ketika mengalami beberapa penyebab sebagai berikut.

Salah Transfer

Apabila ada seseorang yang salah melakukan transfer dan ingin memblokir nomor rekening penerima, maka status rekening penerima akan berubah menjadi dormant atau tidak bisa digunakan kembali. Hal ini untuk mengantisipasi penyalahgunaan uang dan bisa menarik kembali uang tersebut

Saldo Rekening Tidak Mencukupi

Sebuah rekening yang memiliki saldo kurang dari Rp.50.000 atau saldo yang ditetapkan, maka akan otomatis menjadi pasif dan tidak bisa menerima transaksi apapun. Rekening dormant BRI biasanya terjadi sekitar 12 bulan atau tergantung produk yang dipilih oleh nasabah.
Tetapi, apabila kamu ingin mengaktifkan kembali rekening yang terkena dormant, maka kamu bisa melakukannya dengan membayar sejumlah biaya administrasi serta mengumpulkan persyaratan yang ditentukan.
Selain itu, kamu bisa melakukan cek status rekening dormant BRI tersebut apakah sudah pasif atau masih bisa digunakan. Berikut hal-hal yang bisa kamu ketahui, seperti di bawah ini.

Saldo Minimum Rekening BRI

Jika kamu merasa masih memiliki saldo rekening yang mencukupi alias diatas jumlah minimum ditentukan, maka rekening belum termasuk dormant atau pasif. Perlu diketahui bahwa seluruh produk tabungan BRI, baik itu rekening simpedes atau BRItama memiliki saldo minimun Rp.50.000. Bila ternyata saldomu masih diatas Rp.50.000 meskipun tidak digunakan selama beberapa bulan, tetapi masih adanya aktivitas, seperti pengecekan saldo, maka rekeningmu tidak akan dinyatakan dormant. Sebaliknya, ketika saldo rekeningmu sudah mencapai batas minimum bahkan kurang dari jumlah minimum yang ditentukan, maka status rekeningmu sudah dinyatakan sebagai rekening dormant BRI.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa ketika kamu melakukan pengecekan saldo tanpa melakukan aktivitas apapun, maka hal tersebut sudah dicatat bahwa rekeningmu masih aktif dan digunakan oleh nasabah. Sehingga, akan dijauhkan dari kata dormant yang membuat rekening tidak bisa digunakan
Tetapi, perlu diketahui bahwa setiap bulannya akan dilakukan pemotongan biaya administrasi, sehingga saldomu akan terus berkurang sia-sia. Oleh karena itu, daripada hanya di cek saja, lebih baik kamu lakukan penarikan atau pengiriman uang agar dana yang ada dalam rekeningmu tidak habis hanya untuk membayar biaya administrasi.

Cek Status Rekening Di ATM atau Kantor BRI Terdekat

Untuk mengetahui apakah status rekeningmu masih aktif atau sudah menjadi rekening dormant BRI, kamu bisa melakukan pengecekan status melalui ATM atau mendatangi langsung kantor bank BRI terdekat.
Jika kamu melakukannya melalui ATM, kamu cukup masukkan kartu ATM kamu dan masukkan kata sandi atau PIN yang dimiliki. Apabila ada keterangan bahwa kartu ATM sudah terblokir, berarti rekening tersebut sudah menjadi pasif dan tidak bisa digunakan untuk beragam transaksi.
Setelah itu, kamu bisa mengunjungi pihak customer service dan mengatakan bahwa rekening kamu terblokir atau mengalami dormant.

Kamu bisa menggantinya dengan rekening baru atau mengaktifkan kembali rekening tersebut dengan persyaratan dan ketentuan berlaku. Setelah aktif kembali, pastikan bahwa rekening selalu terisi saldo atau memiliki riwayat transaksi, meskipun itu hanya sekedar cek saldo saja.
Setiap produk tabungan rekening BRI akan mengalami masa aktif selama 635 atau 12 bulan. Apabila kamu tidak mengisi saldo atau melakukan transaksi apapun, maka dalam waktu kurang dari satu tahun. rekening bisa saja di blokir dan tidak bisa digunakan untuk keperluan transaksi, penagihan dan pembayaran apapun.

Terkadang, ada pula nasabah yang ingin melakukan blokir terhadap rekeningnya sendiri, karena diketahui ada hal yang dicurigai dari rekening tersebut. Nasabah bisa melakukan hal ini dengan mengunjungi customer service secara langsung dan dalam waktu itu juga rekeningmu akan beralih statusnya menjadi rekening dormant BRI.

Hati hati

Kejahatan dalam rekening kerap kali terjadi yang membuat kamu bisa kehilangan sejumlah uang yang tersimpan di dalam rekening. Hal ini perlu diwaspadai, karena banyak orang yang mencoba melakukan pembobolan kartu rekening, sehingga kamu harus memiliki pengamanan yang kuat dalam kartu rekening tersebut. Jika hal itu terjadi kepada kamu, lebih baik kamu segera melakukan blokir dan menggantinya dengan rekening baru.
Dari informasi mengenai pengertian dan status atau keadaan rekening dormant BRI. Maka kamu sudah mengetahui bahwa penggunaan istilah rekening dormant adalah sebuah sebutan bagi rekening yang sudah pasif atau tidak adanya pergerakan sama sekali dalam kurun beberapa bulan ke belakang. Dikarenakan sisa saldo yang minimum dan habis oleh biaya administrasi perbulan.

Itulah informasi yang bisa kamu ketahui dan pahami terkait rekening dormant BRI yang seringkali kamu dengar istilahnya. Apabila kamu mengalami hal seperti diatas yang membuat rekeningmu memiliki status dormant. Maka jangan ragu untuk menghubungi pihak CS BRI dan lakukan solusi terbaik untuk rekening tersebut. Entah itu mengaktifkannya kembali atau membuat rekening baru, berdasarkan alasan yang dikemukakan oleh nasabah itu sendiri.

Gravatar Image
Mahasiswi jurusan ekonomi syariah, hobi nulis dan traveling.