7 Pinjaman Bank Mandiri 2021 beserta syaratnya

Posted on
pinjaman bank mandiri
berbagai produk pinjaman Bank Mandiri, dari KPR sampai KUR

Tertarik produk pinjaman Bank Mandiri? Mungkin sobat Panduan Bank harus mengetahui dulu jenis pinjaman uang di Bank Mandiri yang ada. Setiap jenis pinjaman memiliki kriteria dan peruntukan yang berbeda beda. Ada kategori pinjaman dengan jaminan aset aset berharga seperti sertifikat rumah, tanah, BPKB sampai kartu jamsostek dan katergori pinjaman tanpa jaminan atau formalnya disebut dengan Kredit Tanpa Agunan (KTA) Bank Mandiri. Ada juga pinjaman yang dibedakan dari penggunaan biayanya, yakni pinjaman untuk hal produktif seperti modal usaha dan pinjaman konsumtif. Kalian bisa pinjam salah satu produknya. Bagi yang belum tahu, bisa baca artikel sampai tuntas agar bisa paham cara pinjam uang di Bank Mandiri agar disetujui.

Berdiri 19 tahun yang lalu tepatnya tanggal 2 oktober 1998, Bank Mandiri tumbuh menjadi salah satu Bank Terbesar di Indonesia. Bank Mandiri mulanya hanyalah leburan dari beberapa bank khusus dari Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Ekspor Impor Indonesia dan Bank Pembangunan Indonesia. Sebelum digabung bank bank tersebut berperan masing masing yang tak terpisahkan dalam pembangunan perekonomian Indonesia. Namun setelah jadi Bank Mandiri justru berkembang seperti bank bank pada umumnya yang menyediakan berbagai produk simpanan dan pinjaman.

Jenis Jenis Pinjaman Bank Mandiri

Ada beberapa pinjaman uang Bank Mandiri yang harus kalian ketahui sebelum memilih salah satu dari mereka. Sebab tidak semua jenis pinjaman cocok buat kalian sebagai nasabah. Ada kelebihan dan kekurangan yang bisa menjadi pengetahuan untuk bahan pertimbangan.

Kredit KPR Mandiri

KPR Mandiri merupakan jenis kredit pemilikan rumah Bank Mandiri yang diperuntukan perorangan untuk keperluan pembelian rumah tinggal, apartemen, ruko dan rukan yang dijual melalui developer maupun non developer. KPR Mandiri ada beberapa jenis, yakni :

  1. Mandiri KPR Duo, kredit kepemilikan rumah dalam kondisi baru sekaligus isinya, seperti furnniture, alat rumah tangga hingga kendaraan.
  2. KPR Mandiri Take Over. Kredit kepemilikan rumah yang digunakan untuk pemindahan fasilitas kredit sejenis dari bank lain. Ada tambahan top up kredit untuk keperluan konsumtif.
  3. Mandiri KPR Flexible, fasilitas kredit KPR untuk pembelian rumah dengan cara pembayaran angsuran yang fleksibel. Syarat harus tersedia rekening flexible (revolving) selama jangka waktu tertentu atas sebagian tertentu dari limit pinjaman yang diperoleh.
  4. KPR Angsuran Berjenjang, layanan kredit KPR yang diperuntukan untuk karyawan atau pegawai untuk pembelian rumah dengan keringanan berupa penundaan pembayaran sebagian angsuran pokok sampai tahun ke-3, sehingga pada tahun selanjutnya angsuran kembali normal (Payroll).

Syarat KPR Mandiri :

  • WNI atau berdomisili di Indonesia minimal 5 tahun kebelakang.
  • Usia minimal 21 tahun dan  pada saat kredit berakhir maksimal 55 tahun (pegawai) dan maksimal 60 tahun (profesional/wiraswasta)
  • Memiliki Pekerjaan dan Penghasilan Tetap sebagai pegawai tetap  minimal 1 tahun menjadi pegawai atau 2 tahun bagi wiraswasta
Pinjaman Bank Mandiri KPR Multiguna

Mandiri KPR multiguna adalah layanan kredit  diperuntukan perorangan untuk berbagai kebutuhan konsumtif dengan agunan rumah tinggal, apartemen, ruko, rukan dan aset berharga lainnya yang dimiliki nasabah. Keunggulan pinjaman ini selian bisa take over kredit sejenis, bisa top up pijaman yang telah berjalan. Suku bunga yang diterapkan sebesar 14.25% dengan jangka waktu hingga hingga 10 tahun.

syarat Pengajuan Mandiri KPR Multiguna

  • Warga Negara Indonesia
  • Umur minimal 21 tahun, pada saat pelunasan berakhir maksimal 55 tahun (pegawai) dan maksimal 60 tahun (profesional/wiraswasta)
  • Bagi pegawai minimal 1 tahun berjalan dan atau 2 tahun untuk profesional dan wiraswasta.
Kredit Tanpa Agunan (KTA) Bank Mandiri

Bagi yang tidak memiliki aset berharga untuk dijadikan agunan, anda bisa memilih jenis Mandiri Kredit Tanpa Agunan. Pinjaman ini diperuntukan untuk pribadi atau perorangan tanpa jaminan. Dana pinjaman bisa digunakan untuk berbagai keperluan baik produktif maupun bersifat konsumtif seperti  biaya pernikahan, kesehatan, renovasi rumah dan keperluan mendesak lainnya. Limit kredit sampai dengan Rp. 200 juta dengan jangka waktu 3 tahun non payroll dan untu payroll bisa sampai 5 tahun.

Syarat KTA Mandiri:

  • WNI & berdomisili di Indonesia
  • Usia minimal 21 tahun saat pengajuan dan maksimal  55 tahun saat kredit lunas
  • Payroll : Penghasilan minimal Rp. 2,5 juta/bulan
  • Non Payrool Penghasilan minimal Rp 3 juta/bulan
Pinjaman Mandiri Mitrakarya

Jenis pinjaman Bank Mandiri Mitrakarya merupakan layanan kredit yang diberikan secara khusus kepada nasabah menyalurkan gaji/penghasilan melalui Bank Mandiri dan perusahaan tempat nasabag bekerja memiliki akad kerja sama dengan Bank Mandiri. Nantinya kalian boleh memilih jenis pinjaman KTA, KPR dan Kredit multiguna Mandiri. Syarat dan ketentuan disesuaikan jenis pinjaman tersebut. Tenor yang diberikan sampai 5 tahun dengan limit kredit s.d 200 juta.

Persyaratan :

  • Usia Minimal 21 tahun dan maksimal sebelum usia pensiun saat pelunasa
  • Masa kerja pegawai tetap diperusahaan minimal 1 tahun
  • Penyaluran gaji melalui Bank Mandiri
  • Penghasilan atau Gaji Minimum Rp 2 juta per bulan
Mandiri Tunas Finance

Mandiri Tunas Finance adalah layanan kredit diperuntukan pada pembiayaan motor/mobil baru dan motor bekas bagi perorangan (individu)/perusahaan/badan. Nominal pembiayaan kredit tunas finance akan disesuaikan dengan sumber pembayaran angsuran dari total penghasilan perbulan. Jangka waktu kredit untuk motor dan mobil baru maksimal 5 tahun. Jangka waktu kredit untuk motor dan mobilbekas maksimal 3 tahun dan 4 tahun.

Kredit Usaha Rakyat (KUR Mandiri)

Kredit Usaha Rakyat Mandiri adalah kredit progam pemerintah yang ditujukan kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang ingin mengembangkan usahanya. KUR diberikan kepada UMKM yang feasible dan bankable. Maksudnya suatu usaha yang menjanjikan dan mampu mengembalikan, namun belum memiliki syarat pinjaman bank. Jangka waktu pinjaman diberikan maksimal 5 tahun dengan bunga 9%. Limit kredit yang diberikan sampai 500 juta.

Syarat :

  • Tidak dalam menggunakan kredit dari perbankan/kredit program lainnya dari pemerintah, tapi untuk kredit konsumtif seperti KPR, kartu kredit dan multiguna lainnya diperbolehkan.
  • Dokumen pemohon: KTP, Kartu Keluarga
  • Dokumen legalitas usaha: NPWP, SIUP, SKDU
  • Fotocopy rekening tabungan selama 6 bulan terakhir

Baca lebih lanjut mengenai: KUR Mandiri untuk pinjaman modal usaha tanpa jaminan

Kredit Usaha Mikro Mandiri

Selain menyediakan Kredit progam dari pemerintah KUR, Mandiri juga menyediakan sendiri kredit usaha mikro yang lebih mudah mendapatkannya. Pinjaman ini bisa digunakan siapa saja dari semua kalangan. Semua pelaku usaha mikrodan usaha rumahan baik berbentuk perusahaan, kelompok usaha, dan perorangan (seperti pedagang, petani, peternak, dan nelayan) bisa mengajukannya. Nantinya bisa digunakan untuk pengembangan usaha produktif maupun konsumtif. Maksimal pemgembalian adalah 3 tahun.

Kredit Usaha Mikro (KUM) terdiri atas 2, yakni :

KUM (Kredit Usaha Mikro), Pinjaman ini diberikan kepada Usaha Mikro sebesar Rp 100 juta. Jika kurang, anda bisa menambahkan untuk fasilitas top up sampai Rp 200 juta. Syarat mengajukan kredit ini, kalian harus memiliki usaha minimal 2 tahun aktif dengan dibuktikan dengan surat ijin usaha (minimal dari kelurahan). Usia minimal 21 tahun  saat pengajuan atau sudah menikah. Maksimal usia 60 tahun lunas.

KSM (Kredit Serbaguna Mikro), bentuk pinjaman untuk pembiayaan berbagai jenis kebutuhan dengan maksimal limit 50 juta. Syarat kredit serbaguna adalah usia minimal 21 dan maksimal 55 tahun. Nasabah adalah karyawatan tetap dengan penghasilan tetap minimal UMR daerah setempat.

Pinjaman Bank Mandiri Lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah kredit khusus pada usaha dan bisnis tertentu seperti pembibitan sapi, pengadaan alat berat, dan bisnis lainnya.

Pilih Salah satu, Sesuaikan dengan kebutuhan

Produk pinjaman bank mandiri memang banyak sobat panduan, tetapi tidak semua cocok untuk kalian. Anda perlu mempertimbangkan syarat dan ketentuan serta kebutuhan yang akan anda penuhi. Misal anda ingin pinjam uang untuk modal usaha, maka anda bisa pilih KUR dan Kredit Usaha Mikro. Jika untuk hal hal konsumtif bisa KPR Multiguna atau KTA Bank Mandiri.

Gravatar Image
Kekayaan bukan seberapa banyak kita punya uang, tetapi seberapa besar uang itu bisa memiliki banyak manfaat.

Leave a Reply