3 Bantuan Modal Usaha Gratis Untuk Pelaku UMKM

modal usaha gratis
Bantuan modal usaha gratis

Sedang mencari bantuan moda usaha gratis untuk mengembangkan usaha kalian? Jangan diem diem bae, segera cari dan beranjak mendapatkan informasi mendapatkannya. Sebab banyak bantuan modal usaha dalam bentuk pinjaman tanpa jaminan maupun dana hibah gratis. Kalian bisa mendapatkan bantuan pinjaman tersebut dari pemerintah, perbankan, progam crowfunding dan lainnya serta bahkan perusahaan. Namun untuk mendapatkan tersebut ada beberapa hal yang mungkin tidak semua pelaku UMKM bisa memenuhinya. Seperti bagaimana cara mendapatkan dana hibah dari pemerintah melalui kementrian UKM dan koperasi yang harus memiliki legalitas usaha. Sedangkan sebagian pelaku mikro usaha seperti pegadang, warung, usaha kaki lima tidak memiliki izin resmi. Tentu akan sedikit mendapatkan dana gratis tersebut.

Surat izin bukanlah sesuatu yang berrat untuk dipenuhi, sebenarnya si. Namun karena ketidakpahaman pelaku usaha menjadi hal yang agak tabu dilakukan. Apalagi pandangan para pelaku UMKM, kalau berkaitan dengan pemerintah akan sedikit rumit. Padahal pemerintah sekarang lebih mengutamakan para pelaku UMKM yang kondisinya masih seperti demikian, yang masih belum bankable tapi potensial.  Sebab kalau yang sudah bankable secara otomatis punya peluang untuk mendapatkan dana dari perbankan dan mampu berkembang dengan sendirinya. Kalau yang belum bankable tentu akan sulit mendapatkan dana perbankan. Oleh karena itu berbagai progam pemerintah maupun luar pemerintah yang mengincar UMKM yang belum tersentuh pendanaan perbankan.

Sumber Modal Usaha Gratis Untuk Pelaku UMKM

UMKM cukup memiliki surat izin/keterangan usaha dari setempat agar bisa mendapatkan bantuan modal usaha gratis baik dalam bentuk dana hibah maupun pinjaman tanpa jaminan bunga rendah. Selain izin hal yang perlu diperhatikan adalah profil dan laporan keuangan usaha. Profil dan laporan keuang usaha bisa kalian sajikan dalam bentuk proposal usaha pengajuan dana. Hal ini dimaksudkan bahwa kalian benar benar serius dalam membangun usaha. Sebab pemberi dana tentu akan lebih mudah usaha apa dan berapa dana yang dibutuhkan untuk usaha kalian. Setelah hal itu terpenuhi kalian tinggal mengajukan beberapa sumber pendanaan yang terpercaya dan mudah mendapatkannya.

Bantuan Modal Usaha Gratis dari Kementrian UKM dan Koperasi

Pemerintah Republik Indonesia melalui kementrian UKM dan koperasi tengah serius membangkitkan atmosfer UMKM di Indonesia lebih potensial. Kementrian UKM dan koperasi memiliki lembaga yang khusus mengurusi penyaluran dana untuk UMKM, yakni Lembaga Pengelola Dana Bergulir, LPDB. Setiap UMKM yang berhasil lolos verifikasi akan mendapatkan dana bantuan modal senilai 25 juta. Syarat mendapatkan bantuan ini adalah sudah memiliki usaha yang sudah berjalan aktif. Jadi ini bukan bantuan usaha awal mendirikan, tetapi bantuan untuk pengembangan usaha. Semua bidang UMKM bisa mendapatkan bantuan tak terkecuali dunia usaha digital atau online.

Modal Usaha Gratis dari Progam Crowdfunding

Pernah dengerkan UMKM yang mendapatkan bantuan modal usaha gratis dari progam crowdfunding Belum tahu ya? Progam crowdfunding adalah metote pendanaan untuk proyek atau unit usaha yang melibatkan masyarakat secara luas. Di Indonesia, konsep crowdfunding sudah cukup dikenal luas dan sudah ada yang menggunakannya, terutama hal hal yang sifatnya sosial. Namun crowdfunding juga menyasar ke pelaku UMKM yang kesulitan dalam pengembangannya. Beberapa situs crowdfunding di Indonesia yang bisa kalian harapkan ada kitabisa.com, wujudkan.com, gandengtangan.com dan situs lainnya. Untuk mendapatkannya, silakan kunjungi salah satu situs penyedia dana crowdfunding.

Modal Bisnis Startup dari BEKRAF

Pemerintah melalui BEKRAF juga menyediakan modal usaha gratis untuk kalian, terutama kalian yang ingin usaha di bidang ekonomi kreafif di dunia aplikasi digital, developer game dan kuliner. BEKRAF merupakan  Badan Ekonomi Kreatif non kementrian yang bertanggung jawab terhadap perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia. Bekraf  bertugas membantu pemerintah da;am merumuskan, menetapkan, mengoordinasikan, dan sinkronisasi kebijakan di bidang ekonomi kreatif sesuai perkembangan dan situasi aktual. Penyaluran dana menggunakan skema BIP, atau Bantuan insentif Pemerintah. BIP merupakan skema pemberian bantuan dana non perbankan berupa penambahan modal kerja dan/atau investasi aktiva tetap. Tertarik silakan kunjungi bekraf.go.id untuk keterangan lebih lanjut.

Segera Dapatkan Modal Usaha Gratis Untuk Pengembangan Usaha

Selain sumber bantuan usaha gratis baik dalam bentuk dana hibah maupun pinjaman ada banyak lainnya diluar sana, seperti progam perusahaan, perbankan dan Dinas Sosial. Pastikan saja usaha kalian memiliki izin dan sudah membuat proposal usaha pendanaan yang lengkap sebelum tahu cara mendapatkan dana hibah tersebut. Sebab itu akan sangat diperhitungkan sekali. Terlebih beberapa pemberi dana akan memberikan semacam pelatihan dan pengawasan terhadap pengelolaan usaha kalian. Jadi maksimalkan baik baik ya. Semoga beruntung.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published.

error: Dibaca saja. Kalau mau save bookmark aja