Cara Menggunakan Kartu Kredit Di Luar Negeri

Posted on

Cara menggunakan kartu kredit di luar negeri- Bagi anda yang suka traveling ke luar negeri, tentu butuh dong yang alat transaksi yang bisa diterima dinegara mana saja agar lebih mudah. Alat transaksi yang bisa digunakan didalam dan luar negeri adalah kartu kredit. Kartu kredit bisa menjadi partner anda untuk berbelanja diluar negeri, membeli oleh oleh khas negara yang anda kunjungi untuk oleh oleh dirumah atau sekesar cindera mata.

Tentu dengan membeli produk luar negri anda tidak mungkin menggunakan rupiah, karena belum tentu penjual diluar negeri menerimanya. Apalagi nilai rupiah yang tidak terlalu bagus. Untuk lebih mudah transaksi, anda perlu membawa dan menggunakan kartu kredit yang berlogo visa atau mastercard. Nah, untuk menggunakan kartu kredit di luar negeri anda perlu melakukan langkah langkah berikut ini. Simak baik baik yah!

cara menggunakan kartu kredit diluar negeri

Cara Menggunakan kartu kredit di luar negeri

Cara menggunakan kartu kredit di luar negeri ga bisa langsung digunakan, kecuali memang bank penerbit memiliki cabang di negera tersebut. Jika bank lokal Indonesia yang tidak memiliki cabang lain di luar negeri, maka ada beberapa hal harus kalian perhatikan dibawah ini :

Pertama, laporkan planning traveling anda ke pihak penerbit Kartu kredit

Laporkan segera ke pihak Bank penerbit kartu kredit kemana anda berkunjung, apa itu australia, jepang, amerika dll. Pihak penerbit akan membuka yang namanya progam keamanan velocityVelocity adalah proses penolakan transaksi mencurigakan di luar negri. Dengan dibukanya velocity anda bisa menggunakan kartu kredit anda diluar negri dengan aman baik digesek maupun secara tarik tunai.

Kedua, simpan baik call center pihak penerbit

Tidak semua berjalan sesuai rencana, maka untuk keamanan simpanlah call center bank penerbit jika sewaktu waktu kartu kredit anda tidak dapat digunakan untuk transaksi dan jaga jaga apabila kartu kredit hilang agar segera diblokir. Sehingga ada solusi ketika tidak bisa digunakan

Ketiga, periksa sisa limit dan tanggal jatuh tempo pembayaran

Periksalah sisa limit dan jatuh tanggal pembayaran kartu kredit. Percuma jika membawa kartu kredit kalau isi kosong mlompong atau limit sedikit. Jika saat itu limit habis atau sisa sedikit, ajukan penambahan limit ke bank penerbit kartu kredit sehingga anda puas belanja diluar negri tanpa memikirkan kekurangan uang. Sebab barang barang luar negeri tentu akan lebih mahal dibanding produk lokal.

keempat, kenali biaya di negara yang anda kunjungi

Ingat, rupiah tidak selamanya banyak diluar negri. Contoh di negara bermata uang dollar amerika, sekarang rupiah hanya 14.000 pun jadi 1 dollar. Sebelum meluncur keluar negeri kenali fluktiasi pertukaran uang dalam nergi dengan mata uang negara yang adan kunjungi. Jadi anda bisa memprediksi berapa uang yang anda habiskan untuk membeli barang dengan tepat tanpa kekurangan uang.

Kelima, Membawa dana cadangan

Kalian bisa membawa uang tunai untuk ditukar di money changer. Money changer banyak ditemukan dibandara bandara international. Jadi sesudah tiba dinegara tujuan, langsung nuker duit sebagai cadangan. Bisa juga dengan membawa kartu kredit cadangan apabila kartu kredit utama tidak bisa digunakan.


Sudah paham kan? Kalau sudah paham sono pergi ke antartika sekalian. Nanti admin minta oleh oleh salju abadi yang berbentuk love. Kemdian saya simpan dalam lemari es. (haha… ngayal). Jika kurang paham tentang Cara menggunakan kartu kredit di luar negeri dengan aman. Silakan bertanya pada rumput yang bergoyang (tanya di kolom komentar) jika perlu informasi tambahan.

Gravatar Image
Mahasiswi jurusan ekonomi syariah, hobi nulis dan traveling.