Cara Cek KIS dari Pemerintah Online

Posted on

Punya Kartu Indonesia Sehat (KIS) tetapi tidak pernah menggunakannnya? Pas mau menggunakan ragu apakah masih aktif atau tidak? Ada beberapa cara cek KIS dari pemerintah online maupun offline untuk mengetahui apakah kartu KIS Anda masih aktif atau tidak. Jangan mentang mentang masih sehatdan belum butuh kalian anteng anteng saja. Giliran butuh, mau menggunakan saja bingung. Sekali digunakan, Kata petugas terkait katanya sudah tidak aktif. Bisa gawat kan? Untuk itu, cek secara berkala KIS Anda. Asal Kamu tahu bahwa Kepesertaan PBI secara berkala diperbaharui sesuai dengan hasil rekonsiliasi yang dilakukan oleh kementrian sosial (kemensos) setiap 6 bulan sekali. Jadi, jika kedepannya kalian dimasukan kekategori mampu, Maka KIS di nonaktifkan.

Kartu Indonesia Sehat merupakan progam jaminan kesehatan gratis dari Pemerintah untuk masyarakat miskin dan kurang mampu. KIS sendiri merupakan pengembangan dar progam JAMSKESMAS era SBY. Kemudian dilanjutkan atau dikembangkan oleh Presiden Jokowi menjadi KIS yang dikeluarkan oleh pemerintah melalui BPJS Kesehatan. Istilah lain dari KIS adalah BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI). Masyarakat yang belum dapat KIS atau BPJS PBI bisa mengajukan kepesertaan BPJS PBI ke kantor BPJS terdekat. Syarat utamanya adalah punya SKTM (Surat Keteranga Tidak Mampu).

Beberapa Cara Cek KIS dari Pemerintah Online

Zaman sekarang memang serba mudah, untuk sekedar cek KIS dari pemerintah tidak perlu ke kantor BPJS langsung. Kalian bisa menikmati layanan online yangbisa diakses dari Hp nasabah masing masing.

1. Melalui Layanan SMS Gateway

Hal yang paling mudah dilakukan untuk mengetahui KIS masih aktif atau tidak adalah dengan laynaa SMS Gateway. BPJS memang menyediakan layanan sms gateway untuk memudahkan peserta mendapatkan informasi penting seputar BPJS. SMS gateway ini menggunakan SMS dengan format tertentu yang dikirim ke nomor HP layanan bpjs. Untuk mengakses ini, Anda perlu format dan beberapa data. Bisa dengan NIP (Nomor Induk Pegawai), NO kartu BPJS dan NIK (nomor Induk Kependudukan)

Format SMS Gateway untuk cek KIS masih aktif atau tidak

  NOKA<spasi>NOMOR KARTU BPJS KESEHATAN
Contoh       : NOKA  0001260979209 Kirim ke 087775500400

atau

 NIP<spasi>NOMOR INDUK PEGAWAI
Contoh       : NIP 1962061119880001009 Kirim ke 087775500400

atau

 NIK<spasi>NOMOR INDUK KEPENDUDUKAN
Contoh       : NIK 357303030987 Kirim ke  087775500400

Catatan : Pilih salah satu saja yang mudah diingat. Jikamengalami gangguan, Umumnya karena sinyal dan terlalu padat digunakan oleh peserta.

2. Melalui Aplikasi Android Mobile JKN

Cara kedua untuk cek KIS dari pemerintah adalah melalui mobile JKN. UNTUK MENGGUNAKAN layanan ini peserta harus mendownload aplikasi dan registrasli lebih dulu.

  • Perama, silahkan download aplikasi mobile JKN di google playstore, dan Instal.
  • Registrasi lebih dulu. Jika sudah lalu silahkan login, di aplikasi mobile JKN
  • Silakan cek kepeseraan maish aktif tidak.
  • DI aplikasi ini, Anda bisa juga memindahkan faskes dan layanan lainnya

3. Melalui Care Center BPJS

Mengetahui status kepesertaan lewat care center BPJS juga mudah dilakukan. Silakan lakukan panggilan telepon ke nomor 1500400, kemudian utarakan apa yang kalian inginkan.Dalam hal ini adalah mengetahui satus kepesertaan masihaktif atau tidak. CS akan meminta identitas Anda dan BPJS anda seperti nomor KArtu BPJS, NIK dll. Jadi usahakan pas melakukan panggilan sdang pegang kartu. Di layanan Care center BPJS bisa mendapatkan informasi penting lain seputar BPJS.

3. Cek BPJS Online Via website

BPJS memiliki layanan pelanggan yang cukup lengkap, sebelumnya ada sms gateway, mobile JKN dan BPJS Center. Ada juga layanan online dari website. Kalian bisa cek status kepersertaan, pindah faskes, pembayaran dll di lewat situs BPJS. Website resminya di bpjs-kesehatan.go.id. Jika ingin cek status, silakan caranya dibawah ini.

CEK KIS dari Pemerintah online
CEK KIS dari Pemerintah online
  • Silahkan kunjungi website resmi (cek bpjs checking)
  • Masukan Nomor Kartu BPJS anda dan tanggal lahir anda, seperti ilustarasi gambar di diatas.
  • Klik cek

Jika berhasil, maka anda akan mendapatkan informasi tentang tunggakan, dan lain sebagainya. Jika idak ada yang muncul, maka ada dua kemungkinan. Pertama KIS kalian sudah tidak aktif. Yang kedua error. Jika error silakan ulangi lagi karena kadang sinyal maupun dari server website yang sibuk.

Itulah cara cek kis dari pemerintah secara online tanpa perlu ke kantor BPJS langsung. Bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun lewat hp. Nah jika peserta merasa gaptek dengan cara diatas. Anda masih bisa datang ke kantor BPJS atau fasilitas pemerintah tingkat 1 seperti puskesmas. Silakan gunakan yang paling mudah menurut kalian.

Gravatar Image
Mahasiswi jurusan ekonomi syariah, hobi nulis dan traveling.