Cara Bayar Cicilan Motor Langsung 2 bulan atau lebih

Posted on

Bagaimana Cara Bayar Cicilan Motor Langsung 2 bulan, 3, atau lebih di leasing adira, fif, baf atau lainnya agar cepat lunas?  Bukan tidak mungkin kalian sebagai nasabah membayar angsuran lebih dari 2 kali bahkan langsung dilunasin semuanya. Mumpung ada duit dibayarkan lebih, daripada dibiarkan saja malah kepake kebutuhan yang lain. Leasing pun dengan senang hati menerima pembayaran tersebut, karena dianggap mampu membayar.

Setiap leasing memiliki aturan sendiri sendiri dalam hal pembayaran angsuran, apalagi jika angsuran lebih dari 1 kali atau dilunasin semuanya. Khusus pelunasan dipercepat, leasing mengenakan denda administrasi 2-5 % dari sisa angsuran, namun jika hanya bayar 2 kali nasabah tidak dikenakan denda sama sekali.

bayar cicilan langsung 2 bulan

Cara bayar cicilan motor 2 bulan sekaligus

Nasabah bisa melakukan pembayaran lebih dari satu kali cicilan lewat kantor langsung, maupun lewat transfer bank, dan aplikasi leasing. Caranya pun mudah, cukup mengikuti langkah berikut ini :

Lewat Kantor Cabang Leasing

  • Datang langsung ke unit cabang leasing terdekat, bawa uang pembayran serta no kontrak/bukti pembayaran sebelumnya
  • Silakan ke kasir atau bagian pembayaran angsuran. Di Sistem kasir, tagihan yang muncul adalah satu cicilan. Jadi jika ingin membayar lebih dari satu, maka akan ada dua transaksi pembayaran, bulan sekarang dan bulan depan. Secara otomatis ada biaya administrasi double, umumnya biaya administrasi 3000-5000 per transaksi.
  • Silakan bayar dua angsuran sekaligus dengan dua kali transaksi

Lewat transfer bank, via mobile dan internet banking

  • Siapkan no kontrak kredit yang ingin dibayar dua kali. No kontrak bisa dilihat dari surat bukti kredit atau bisa juga lewat aplikasi leasing (adira/fif/baf)
  • Buka aplikasi fif, adira atau BAF untuk mengatur jumlah cicilan yang akan dibayar. Klik menu tagihan, ubah nominal angsuran menjadi 2 bulan atau lebih
  • Klik metode pembayaran, pilih transfer bank (BCA, BRI, BNI, MANDIRI), klik ok
  • Maka muncul kode pembayaran atau rekening pembayaran
  • Silakan bayar menggunakan ATM, Internet atau mobile banking

Misal lewat ATM BCA maka langkahnya sebagai berikut:

  1. Masukan kartu ATM, dan Masukkan nomor PIN
  2. Pilih menu “TRANSAKSI LAINNYA”
  3. Pilih menu “PEMBAYARAN”, kemudian “PINJAMAN” lalu “FIF”
  4. Masukan No  KONTRAK kredit Kalian, tekan benar.
  5. Transaksi berhasil telah selesai
  6. Simpan struk pembayaran sebagai bukti pembayaran yang sah

Bagaimana cara melunasi angsuran semuanya?

Jika nasabah ingin melunasi semua angsuran yang ada, maka prosedurnya berbeda dengan bayar cicilan motor langsung 2 bulan. Nasabah akan melalui Prosedur pelunasan dipercepat, dimana nasabah akan dikenakan denda adminitrasi sebesar 2-5% dari sisa pokok angsuran. Adapun syarat pelunasan bisa dilakukan yaitu telah melakukan setengah dari semua angsuran, misal angsuran 35 kali, maka sudah melakukan pembayaran angsuran minimal 18 kali.

Perhitungan denda pelunasan dipercepat.

Misal, nasabah A ingin melakukan pelunasan terhadap cicilan motornya di FIF. Si nasabah telah melakukan angsuran sebanyak 20 kali dari 35 angsuran dengan besar angsuran per bulan 700 ribu. Dikenakan denda sebesar 5 % dari sisa angsuran. Berapa yang harus dibayarkan nasabah A ini?

Sisa pokok pinjaman

= (35-20) x 700.000
= 15 x 700.000 = 10.500.000

Maka denda yang dikenakan adalah 10.500.000 x 5% = 525.000,

Yang harus dibayar nasabah A semuanya sebesar 10.500.000 + 525.000 =11.025.000

Lebih baik yang mana? Perlunasan dipercepat atau bayar lebih?

Kalau dihitung hitung denda pelunasan dipercepat terlalu besar dibandingkan bayar cicilan motor langsung 2 bulan atau lebih, walau tidak semua leasing mengenaikan 5%. Sementara bayar 2-3 kali hanya dikenakan biaya admin yang relatif kecil. Tapi yang pasti, namanya hutang angsuran tetap dibayar. bunga besar atau biaya lainnya banyak adalah resiko ketika mengambil cicilan motor di leasing. Sekian, semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Mahasiswi jurusan ekonomi syariah, hobi nulis dan traveling.