tabungan 3i network car
tabungan 3i network car

Apa itu 3i Network CAR? Yuk Yuk Kenalan

Posted on

Apa si itu 3i network CAR? Penulis sendiri sudah tahu lama dari para agennya yang menawarkan tabungan CAR 3i network, namun hanya sebatas nama, tidak lebih. Karena penasaran, akhirnya ngulak ngulik informasi mengenai produk produknya, cara kerja, keuntungan, kelemahan 3i network. Bahkan sampai pada tanggapan OJK atau pemerintah mengenai bisnis yang lagi booming ini. Tentu dengan penilaian yang objektif, karena penulis bukan agennya, melainkan dari warga bisa dengan sudut pandang dari sumber informasi yang penulis dapat.

3i network adalah Brand produk yang dikeluarkan oleh PT Asuransi Jiwa Central Asia Raya (CAR). CAR merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang asuransi. Perusahaan ini masih anak perusahaan ACA (Asuransi Central Asia) yang masuk dalam kelompok salim grup. Salim Group merupakan Group pemegang Indofood, Bank Central Asia, Indogrosir, Superindo, Indomart dan masih banyak lagi. Pemilik Salim Group sendiri adalah Antony Salim, salah satu orang terkaya di Indonesia.

Mengenal Produk 3i Network Lebih dalam

Kalau sebelumnya kalian menganggap 3i network adalah produk tabungan, maka anggapan itu adalah salah. Tadinya penulis juga menggangap demikian, karena dapat informasi sepatah patah dari agen yang hanya sekadar mengejar bonus atau agen pemula. Padahal 3i-Networks adalah berupa produk Asuransi Jiwa jenis unit link , Nama unit linknya bernama CARlink Pro. Unit link bukanlah jenis tabungan, melainkan produk kombinasi antara asuransi jiwa dan Reksa Dana (investasi).

CARLink Pro, lebih jelasnya adalah kombinasi produk asuransi berjangka (term insurance) dan investasi, dimana didalam investasi Pemegang Polis bisa memilih penempatan Dana yang disediakan dan dikelola oleh PT Central Asia Raya. Ada empat jenis pilihan investasi CARLink Pro, yaitu :

JENIS INVESTASI

  • Jenis CARLink Pro Safe: hasil investasi yang kompetitif yang mengutamakan keamanan dan tingkat likuiditas yang tinggi.
  • CARLink Pro Fixed: hasil investasi yang lebih menjaga keamanan dan risiko (tolerable risk).
  • Jenis CARLink Pro Mixed:  hasil investasi yang optimal dalam jangka panjang sesuai dengan kondisi ekonomi .
  • CARLink Pro Flexy:  Hasil investasi yang optimal dalam jangka panjang dalam bentuk saham-saham.

Investasi yang kita bayar setiap bulan atau sering disebut premi tidak sepenuhnya masuk dalam nominal seperti tabungan, melainkan dipotong biaya akuisisi. Besaran Biaya akuisisi untuk tahun pertama dan seterus berbeda, seperti ilustrasi berikut :

  • Alokasi Premi investasi tahun 1 : 40%, Biaya akuisisi 60%
  • premi investasi tahun 2 : 75%, Biaya akuisisi 25%
  • premi investasi tahun 3 : 90%, Biaya akuisisi 10%
  • Alokasi premi investasi tahun 4 : 95%, Biaya akuisisi 5%
  • Premi investasi tahun 5 : 95%, Biaya akuisisi 5%
  • premi investasi tahun 6 : 100%, Biaya akuisisi 0% 

Dari ilustrasi tersebut menandakan bahwa 3i network bukanlah tabungan. Sangat salah jika seoran agen menyampaikannya sebuah tabungan, yang kemudian malah membuat pelanggan kecewa dan memutuskan untuk berhenti serta memberi reiview buruk terhadap 3i network. Premi perbulan utuh setelah 6 tahun, jika anda tidak memilik rencana jangka panjang, tentu jadi sia sia. Mungkin berpikir “nabung kok kurang, bukannya nambah”. Namun jika anda punya rencana jangka panjang tentu anda akan mendapatkan banyak manfaatkan seperti hasil investasi tersebut dan manfaat pertanggungan.

Baca : Asuransi Mobil All risk Terbaik

Kemana Biaya akuisisi?

Biaya akuisisi adalah biaya untuk investasi reksadana yang tentunya diberikan kepada pemilik Investasi, yakni PT CAR. Kemudian sisanya atau nominalnya digunakan untuk investasi reksadana di pasar modal yang juga dikelola oleh PT CAR. Besaran keuntungan investasi sangat tergantung keadaan pasar, namun selama ini berkisar 9-20%. Investasi ini tentunya ada keuntungan dan keruginanya. Jika tertarik anda bisa lihat harga premi 3i network perbulan dibawah:

Harga PREMI 3i network perbulan

Premi per bulanNilai Pertanggungan
Good Value – Rp350.000, Rp21.000.000
Smart Value – Rp700.000 Rp42.000.000
Best Value – Rp1.000.000, Rp60.000.000

Silakan pilih biaya premi perbulan sesuai kemampuan anda masing masing. Silakan juga mendaftar ke agen maupun ke kantor cabang terdekat dengan membawa syarat dan ketentuan menjadi pemegang polis , antara lain :

  • Calon pemegang polis usia minimal 21 tahun dan maksimal 65 tahun.
  • Dan untuk Calon Tertanggung: usia minimal adalah 6 bulan dan maksimal 59 tahun.

Bagi setiap kalian yang mau daftar atau sudah jadi pemegang polis akan memiliki 3 peluang dibawah, yaitu :

  1. Perlindungan atau asuransi jiwa (insurance), karena CAR adalah produk asuransi
  2. Memiliki investasi (investment), produk ini berupa unit link yang menawarkan hasil investasi dikemudian hari
  3. Penghasilan sebagai Agen Asuransi Jiwa (income), seperti cara kerja agen asuransi lainnya, pemegang polis bisa menjadi agen untuk menawrkan produk 3i network ke masyarakat maupun merekrut agen, bonus dll.

Kewajiban Menjadi Agen ASURANSI 3I NETWORK

Selain menikmati produk, kalian juga bisa memanfaatakn peluang menjadi agen 3i network. Untuk menjadi agen kalian harus memiliki KTP dan harus memenuhi kewajiban berikut ini :

  • Memiliki sertifikasi keagenan dan keagenan khusus unit link dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI).
  • Memiliki Surat Pengajuan Asuransi Jiwa (SPAJ) pihak yang menawarkan produk dan bertemu langsung dengan calon nasabah
  • Agen harus mampu menjelaskan manfaat, biaya dan risiko produk dengan sebenarnya. Tidak hanya mengejar bonus saja atau calon pembeli tanpa memberi manfaat.
  • Agen memakai brosur dan perangkat penjualan telah disiapkan oleh perusahaan.

Apalah dengan Investasi 3i network Bisa rugi?

Bisa. 3i network adalah produk Asuransi Jiwa gabungan inbevstasi dengan jenis unit link. Nantinya akan biaya akuisisi yang dipotong dari uang premi selama periode tertentu. Sisanya baru diinvestasikan dalam bentuk Reksa Dana di pasar modal yang memiliki beberapa risiko, antara lain:

  • Tidak ada jaminan mendapatkan pembagian dividen, keuntungan, ataupun kenaikan modal investasi.
  • Risiko likuiditas, mudah tidaknya Reksadana dicairkan menjadi dana tunai yang siap diambil oleh investor.
  • Keuntungan investasi reksadana sangat bergantung kepada pasar, pengalaman, pengetahuan, keahlian, dan teknik / proses investasi yang diterapkan oleh Manajer Investasi.

Itulah kelemahan 3i network yang bisa kalian pertimbangkan sebelum menjadi nasabahnya. Selain kelemahan tentunya, kalian harus tahu apakah penipuan atau bukan. Karena banyak yang merasa tertipu dengan istilah “tabungan 3i network”. Namun sitlah tersebut sudah jelas karena Mengenabukanlah tabungan, melainkan asuransi. Kita cukup melihat legalitas car seperti apa.

Legalitas, 3i network penipuan?

Tanggapan OJK atau pemerintah tentang Car 3i network bisa terjawab dengan melihat no izin daftar dari OJK. Hal ini juga bisa jadi clear yang selama ini menganggap 3i network penipuan. CAR telah sudah terdaftar dan diawasi OJK lewat KEP-013/KM.13/1987 Tanggal 18 Desember 1987. Calon nasabah bisa juga mengunjungi kontak resmi CAR adalah Jl. S. Parman Kav. 79, Jakarta Barat 11420 – DKI Jakarta, Telepon : 021-5637901, Faks : 021-5637902. atau bisa lihat informasi di website resminya CAR yaitu www.car.co.id dan website 3i-networks.com.

Gravatar Image
Mahasiswi jurusan ekonomi syariah, hobi nulis dan traveling.