Pinjaman tanpa bunga untuk modal usaha
Pinjaman tanpa bunga untuk modal usaha

Pinjaman Tanpa Bunga Untuk Modal Usaha di Bank Syariah

Posted on
Pinjaman tanpa bunga untuk modal usaha
Pinjaman tanpa bunga untuk modal usaha -tempo.co

Selama ini kita dihantui bunga pinjaman yang tinggi ketika ingin mengajukan pinjaman di bank non bank. Hampir semua bank konvensional menerapkan bunga pada produk pinjamannya sebagai bentuk jasa pinjaman dari pemberi pinjaman kepada para nasabah. Bunga juga difungsikan sebagai dasar keuntungan dari sebuah bank. Tanpa bunga lembaga keuangan lesu, karena bunga sumber penghasilan. Besar bunga pinjaman berbeda setiap penyedia bank, bahkan pada setiap jenis produknya. Padahal bunga memberatkan atau membebani nasabah yang harus dibayar setiap kali mengangsur. Oleh karena itu banyak menghindari pinjaman berbunga dan lebih memilih pinjaman tanpa bunga dari lembaga keuangan syariah.

Kenapa harus memilih lembaga keuangan syariah? Sudah pasti tahu sebagai warga muslim khususnya. Penerapan bunga pada pinjaman atau lainnya termasuk riba. Riba dalam Islam sangat dilarang. Maka lembaga keuangan syariah pun mengeluarkan pinjaman syariah tanpa bunga yang mulai ramai dicari. Pinjaman syariah memiliki ragam yang sama dengan produk pinjaman dengan pinjaman dari bank konvensional, dari mulai pinjaman jaminan dan pinjaman tanpa jaminan (lebih dikenal dengan Kredit Tanpa Agunan – KTA syariah). Hanya saja ada akad akad yang diterapkan pada pinjaman syariah yang tidak ada pada pinjaman bank konvensional.

Pinjaman Tanpa Bunga, Mungkinkah?

Mendapatkan pinjaman tanpa bunga dan riba Sangat mungkin asal tahu jenis dan akad akad pinjaman untuk kalian yang mendesak. Tapi disisi lain anda juga harus tahu dimana tempat pinjaman tanpa bunga dan tanpa riba agar tidak salah alamat. Atau jenis pinjaman mana yang tidak mengandung bunga. Namun perlu kalian ketahui, bahwasannya pinjaman tanpa bunga tidak semata mata jumlah pinjaman cair=jumlah pengembalian. Jumlah pengembalian tetap lebih besar dari pada jumlah pinjaman. Sebab jika sama, darimana keuntungan yang didapat dari penyedia pinjaman syariah yang tanpa bunga itu?

Salah satu bentuk keuntungan yang didapatkan dari bank syariah adalah margin penjualan barang/jasa. Lho emang jualan? Iya, bank syariah itu jualan dengan sistem kredit. Misal anda pinjam uang di bank syariah untuk beli mobil (dalam pinjaman syariah, dana yang dipinjama harus jelas penggunanaan, dipastikan harus halal), bank syariah akan membelikanmu mobil sesuai keinginanmu. Mobil diberikan kepada anda dengan harga yang sudah ditambahkan dengan keuntungan. Kemudian anda diwajibkan membayar mobil dengan cara kredit. Pada contoh ini akad yang digunakan adalah akad murbahah. Ada juga akad akad lainnya bisa baca : Pinjaman syariah, kenali akad akad yang digunakan

Tempat pinjaman tanpa bunga dan riba

Ada beberapa tempat penyedia pinjaman syariah tanpa bunga dan riba yang bisa kalian datangi. Berikut daftarnya :

Bank Syariah Indonesia

Ya, pilihan pertama mencari pinjaman syariah paling mudah adalah bank syariah. Di Indonesia sudah banyak bank bank syariah yang siap menampung permintaan pinjaman anda. Terlebih, Indonesia sebagian besar rakyat Indonesia adalah muslim. Tentu bank syariah tumbuh subur. Ada bank bri syariah, mandiri syariah, bni syariah, bca syariah dan bank syariah lainnya. (Baca : Daftar bank syariah di Indonesia). Setiap bank memiliki produk pinjaman syariah berbeda beda. Kalian bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Sebelum mengajukan pinjaman di bank syariah, kalian harus memperhatikan syarat dan ketentuan. Bank syariah tetap memperlakukan kebijakan tersebut yang sama dengan bank konvensional. Artinya tidak semua orang bisa meminjam uang di bank syariah kalau tidak bisa memenuhi syarat dan ketentuannya.

Pegadaian, tempat gadai untuk mendapatkan pinjaman tanpa bunga

Selamai ini pegadaian dikenal sebagai tempat yang melayanai berbagai bentuk gadai barang untuk mendapakan pinjaman. Anda bisa menggadiakan bebagai barang yang kalain miliki jika kalian emmang benar benar butuh uang mendesak. Barang yang bisa digadaikan adalah barang yang bergerak (motor dan mobil), barang elektronik (laptop, hp, kamera) dan emas. Prosesnya sangat cepat, hanya perlu 15 menit, anda bisa membawa pulang dana pinjaman secara tunai. Pegadaian menyediakan dua sistem gadai, yakni gadai konvensional dan gadai syariah. Jika ingin pinjaman tanpa bunga, berarti anda harus memilih gadai syariah.

Jika selama ini anda mengajukan pinjaman di bank syariah ditolak mulu, pegadain syariah bisa menjadi alternatifnya. Hanya saja, di pegadain syariah harus ada barang yang digadaikan sebagai bentuk jaminan. Anda bisa menggadiakan sesuai barang yang telah disebutkan di alinea sebelumnya. Namun untuk gadai sertifikat rumah tanah dan bangunan, pegadaian syariah belum bisa menerimanya. Sebab tanah, bangunan adalah bukan termasuk benda benda yang bisa dijadikan investasi. Anda juga bisa membaca alasan lain, kenapa pegadaian syariah menolak pinjaman dengan gadai sertifikat rumah. Baca : Penjelasan gadai sertifikat rumah di pegadaian

Koperasi Simpan Pinjam Syariah

Lembaga non bank lainnya yang menyediakan pinjaman tanpa bunga adalah koperasi simpan pinjam syariah. Koperasi pinjam syariah, (Disingkat KSP Syariah) pada intinya sama dengan bank syariah dalam menyediakan produknya, dimana ada akad akad yang digunakan sama. Namun secara pelaksanaan kerja, KSP syariah tetaplah sebagai koprasi bukan seperti bank syariah. Perbedaannya yang terlihat lagi, adalah KSP adalah milik kelompok dan skalanya lebih kecil. Berbeda dengan bank yang umumnya skala usahanya lebih besar.

Pinjaman dari teman/kerabat/keluarga

Pinjaman dari sanak saudara memungkin kalian terhhindar dari pinjaman riba. Namun sebelumnya pastikan saduara kalian ‘mampu’ dan ikhlas memberikan pinjaman kepada anda, Sehingga kalian bisa mendapatkan pinjaman tanpa bunga. Tapi namanya pinjama ke sanak saudara biasanya ada rasa tidak enak. Tidak enaknya karena kadang sering ketemu dan belum nyicil atau bayar dalam waktu yang sudah lama. Apalagi kalau sudah ditagih tidak bayar bayar. Bawaannya pengen kabur dan ngumpet. Tapi sebaiknya kalau belum bisa bayar bukan mencari alasan, tapi datangilah dan berkata jujur belum bisa membayar (Silaturahmi).

Kesimpulan : Jadi, Pinjaman tanpa bunga mana yang terbaik?

Kami tidak bisa memberikan rekomendasi, karena setiap orang kebutuhannya berbeda beda. Kami disini menawarkan pilihan sebagai berikut : Jika pinjam uang dibank syariah, kadang marginnya hampir sama dengan pinjaman berbunga. Jadi tidak mesti menghindari bunga itu menghindari cicilan yang besar, tapi isnyalloh terhindar dari riba dengan mengacu pada akad akad yang digunakan. Di koperasi simpan pinjam pun demikian, tidak ada bedanya dengan bank syariah. Sedangkan kalau di pegadain syariah, sudah jelas kita harus punya barang untuk digadaikan. Kalau tidak punya tentu tidak bisa mendapatkan pinjaman di pegadaian.

Gravatar Image
Kekayaan bukan seberapa banyak kita punya uang, tetapi seberapa besar uang itu bisa memiliki banyak manfaat.

One thought on “Pinjaman Tanpa Bunga Untuk Modal Usaha di Bank Syariah

Leave a Reply